PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI MODEL Project Based Learning (PjBL) BERBARIS PENDEKATAN Cultullary Responsive Teaching (CRT) DI SDN 21 CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19972Keywords:
Learning Outcomes, Project Based Learning (PjBL), Cultullary Responsive Teaching (CRT)Abstract
Peningkatan hasil belajar peserta didik Kelas IV melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Cultullary Responsive Teaching (CRT) di SD Negeri 21 Cakranegara. Kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hasil belajar peserta didik setelah penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Cultullary Responsive Teaching (CRT) .Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 21 Cakranegara yang berjumlah 15 orang. Untuk obyek penelitian yaitu hasil belajar peserta didik .Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Cultullary Responsive Teaching (CRT) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Terbukti pada pra siklus hanya 35% yang tuntas, siklus I menjadi 40% dan terus meningkat padai siklus II yaitu 100% peserta didik tuntas, hal ini membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan. Tidak adanya peserta didik yang mendapat nilai dibawah 70 berarti hasil ini telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu kriteria ketuntasan minimal dengan nilai70. Melihat hal tersebut jelaslah bahwa model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Cultullary Responsive Teaching (CRT) relevan dan cocok untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 21 Cakranegara.Downloads
References
Amalia, F. D., Setiawan, F., & Afiani, K. D. A. (2023). Project Based Learning Sebagai Solusi Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Dalam PembelajaraN IPS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4034-4052.
Aprilia, R. N., Wahyuni, E. S., Sari, S., Fauziah, S., Sholeh, M., Fhadilla, Z., & Wasito, M. (2024). Integrasi Aspek Multikultural dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 492-498.
Danugroho, A. (2022). Pendidikan dalam kacamata ketahanan nasional (Vol. 1). Jejak Pustaka.
Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.
Haikal, M. H., Hayati, L., Tyaningsih, R. Y., & Turmuzi, M. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Model Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Untuk Siswa Kelas Xi Smkn 5 Mataram. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(2), 515-528.
Hapsari, D. I. (2019). Penerapan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Jartika, 2(1), 102- 112.
Hasanah, U. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Melalui Penerapan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) Peserta Didik Kelas V Di Mi Ismaria Al-Qur’aniyah Islamiyah Raja Basa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1-14.
Kusnaeni, D., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1017-1023.
Lince, L. (2022, May). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49).
Murniarti, E. (2016). Penerapan metode project based learning dalam pembelajaran. Univ. Kristen Indones.
Nurhayati, A. (2016). Prinsip dan tujuan penilaian tindakan kelas. Inspiratif Pendidikan, 5(1), 1-15
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232.
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi pembelajaran daring di sekolah dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304.
Setyorini, R. H. (2014). Hubungan Antara Cara Belajar Dan Keaktifan Belajar Dalam Tutorial Dengan Prestasi Belajar Blok Tahap-Tahap Kehidupan (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2010/2011 Universitas Mataram). Jurnal Kedokteran, 3(1).
Sarjana, K., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., Luâ, U., & Kurniawan, E. (2022). Faktor-faktor penentu keberhasilan belajar mahasiswa pendidikan matematika di era new normal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 309-316.
Widyaningrum, S. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keaktifan Siswa Kelas VI SD Pada Materi Magnet. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 402-406.
Yaasmin, L. S. (2024). Analisis Desain Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Dalam Konteks Penguatan Literasi Humanistik Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3420- 3435.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.