PERBANDINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BANGUN DATAR PESERTA DIDIK KELAS V

Authors

  • Tri Wahyuningsih Universitas Terbuka
  • Retno Winarni Universitas Terbuka
  • Tri Dyah Prastiti Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19900

Keywords:

problem based learning, mind mapping, learning outcomes

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis mind mapping terhadap minat dan hasil belajar bangun datar peserta didik kelas V. Jenis penelitian kuantitatif dengan konsep true experimental design dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan seluruh peserta didik Kelas V SD Negeri Telukan 2 Kecamatan Grogol Tahun Pelajaran 2020/2021 sejumlah 57 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, sehingga populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi perangkat belajar, angket dan tes. Teknis analisis data dengan uji ANAVA dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 86,34, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Matematika dengan pembelajaran berbasis mind mapping sebesar 77,57 dan uji t diperoleh nilai thitung (2,714) dan p (0,009) < 0,05. Kesimpulan, terdapat perbedaan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar  peserta didik kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, Heri, Heny Mulyani, Ajeng Siti Fatimah, Amallia Sholihat dan Ana Zulfia Latifah. 2020. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan KreatVitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan. Vol. 21, No.1. pp. 38-50.

Putri, Rahmayani, Maharani Gultom dan Zunaidy Abdullah Siregar. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Aek Natas. Jomas. Vol. 1, No. 4. pp. 1-11.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan ke-8 April 2016. Alfabeta: Bandung.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Utari, Dian Rizky, M. Yusuf Setia Wardana dan Aries Tika Damayani. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 3, No. 4. pp. 534-540.

Wandini Rora Rizki dan Oda Kinata Banurea. 2019. Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Cetakan Pertama. Medan: CV. Widya Puspita.

Downloads

Published

2024-12-31