PERBANDINGAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19899Keywords:
Problem Based Learning, Inquiry, Learning OutcomesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis mind mapping terhadap minat dan hasil belajar bangun datar peserta didik kelas V. Jenis penelitian kuantitatif dengan konsep true experimental design dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan seluruh peserta didik Kelas V SD Negeri Telukan 2 Kecamatan Grogol Tahun Pelajaran 2020/2021 sejumlah 57 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, sehingga populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi perangkat belajar, angket dan tes. Teknis analisis data dengan uji ANAVA dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 86,34, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Matematika dengan pembelajaran berbasis mind mapping sebesar 77,57 dan uji t diperoleh nilai thitung (2,714) dan p (0,009) < 0,05. Kesimpulan, terdapat perbedaan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar peserta didik kelas V.Downloads
References
Esti Rahayu dan Syariful Fahmi. 2018. Efektivitas Penggunaan Model Problem based Learning (PBL) dan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning. Vol. 1, No. 2. pp. 147- 152.
Hasibuan, Eka Khairani. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Peserta didik pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom. Vol. VII, No. 1. pp. 18-29.
Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran: Sesuai Kurikulum 2013. Cetakan Pertama. Nizamial Learning Center: Sidoarjo.
Rosdiana, Djono dan Akhmad Arif Musadad. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inquiri dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau dari Minat Belajar Peserta didik (Studi Eksperimental Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2015/2016). HISTORIKA, Vol. 20, No. 1. pp. 42-54.
Retnawati, Heri. 2018. Desain Pembelajaran Matematika: Untuk Melatih Higher Order Thinking Skills. Cetakan Pertama. UNY Press: Yogyakarta.
Sutama. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D). Cetakan Ke-V. Kartasura: Fairuz Media.
Wandini Rora Rizki dan Oda Kinata Banurea. 2019. Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Cetakan Pertama. CV. Widya Puspita: Medan
Widarto. 2013. Penelitian Ex Post Facto. UNY Press: Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.