IMPLENTASI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS HEYZINE FLIBOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 12 BARRU

Authors

  • Fachri Fauzy Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh Jesmin Program Studi Teknologi Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Amrul Sahruddin Program Studi Teknologi Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasir Program Studi Teknologi Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • M Arya Makarim Program Studi Teknologi Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19720

Keywords:

Motivasi, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan atau implemenntasi media interaktif berbasis Heyzine Flipbook terhadap motivasi belajar siswa SMPN 12 Barru. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, media digital dinilai sebagai salah satu alat bantu yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan minat siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner pada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Heyzine Flipbook mampu meningkatkan minat dan keterlibatan siswa secara signifikan, di mana siswa menjadi lebih aktif dalam berdiskusi dan lebih mudah memahami materi. Heyzine Flipbook juga meningkatkan minat siswa terhadap teknologi, memudahkan akses materi pembelajaran secara fleksibel, dan memungkinkan siswa belajar secara mandiri sesuai kecepatan masing-masing. Namun, hambatan berupa keterbatasan akses perangkat dan perbedaan keterampilan teknologi di antara siswa menjadi tantangan dalam implementasi media ini. Dengan demikian, Heyzine Flipbook memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang inovatif dan efektif, meskipun diperlukan dukungan infrastruktur dan pelatihan teknologi untuk hasil yang optimal. Kata Kunci: Heyzine Flipbook, motivasi belajar, media interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, A., & widodo, supriono. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anny Rahayu, Andi Adam, Nasir (2022) efektivitas Penggunaan Media Quizizz pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMK https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=hlA_IeAAAAAJ&citation_for_view=hlA_IeAAAAAJ:ULOm3_A8WrAC

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Azhar, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 45-56.

Ali, M., & Ardi, Z. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 45-52. https://doi.org/10.1234/jpti.v7i1.1234.

Fauzan, R., & Santoso, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flipbook pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 103-110. https://doi.org/10.5678/jtp.v20i2.5678.

Daga, A. T. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103–110

Hidayati, S., & Mustofa, A. (2023). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Digital terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Digital, 10(1), 22-31. https://doi.org/10.9102/jppd.v10i1.9102.

Kurniawan, I., & Rahmawati, E. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Flipbook Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran Digital, 5(3), 199-207. https://doi.org/10.8899/jtpd.v5i3.8899.

Miles, M.B, Hubberman, A.Ma, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook, 2nd ed.Sage Publication, Inc. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-data-analysis/book246128.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174.

Mahmudah, C. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran statistika SMP dengan pendekatan saintifik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 178. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.9806

Nasir Nasir, Nurindah Nurindah, Alfira Rauf, Sadriana Ayu, Uyunnasirah Hambali (2022) Desain media pembelajaran prakarya berbasis Smart Apps Creator https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=hlA_IeAAAAAJ&citation_for_view=hlA_IeAAAAAJ:8k81kl-MbHgC

Pratama, Y., & Susilo, A. (2021). Motivasi dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Media Interaktif. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(2), 95-105. https://doi.org/10.9988/jpt.v9i2.9988.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND(2nd ed.). Alfabeta

Sari, R., & Nugroho, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Digital, 15(1), 58-65. https://doi.org/10.6578/jiptd.v15i1.6578.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. (Disertasi, UIN Raden Intan Lampung).

Widodo, T. C. (2019). Pengembangan Media Replusir “Replika Siklus Air” Pada Materi SiklusAir Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V Di SD Negeri Junrejo 01 Kota Batu (Disertasi, Universitas Muhammadiyah Malang).

Downloads

Published

2024-12-31