Pengaruh Penggunaan Aplikasi Emaze Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Al Islam Siswa SMA Muhammadiyah 4 Makassar

Authors

  • M.arya makarim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sadriana Ayu Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29798

Keywords:

Aplication emaze 1, Lotivation to learn 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi emaze terhadap motivasi belajar pembelajaran Al Islam siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yakni desain pre-eksperimen desaign (One Shot Case Study). Berjumlah 11 sampel kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Makassar dilibatkan dalam penelitian ini. Instrumen yang peneliti gunakan yakni observasi dan angket untuk mengukur pengaruh aplikasi emaze terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi emaze terhadap siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 4 Makassar memiliki pengaruh baik. Hasil analisis statistik deskriptif dan inferensial saat menggunakan aplikasi emaze. Diketahui Bahwa ditemukan pada indikator perasaan senang sebanyak 76,30% siswa memilih bahwa dengan penggunaan aplikasi emaze suasana dikelas menjadi lebih menyenangkan, kemudian pada indikator perhatian siswa sebanyak 76,30% siswa fokus dan menyimak pembelajaran Al Islam menggunakan aplikasi emaze, adapun pada indikator ketertarikan siswa sebanyak 73,56% siswa merasa puas dan betah belajar Al Islam menggunakan aplikasi emaze dan pada indikator keterlibatan siswa sebanyak 86,30% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dengan penggunaan aplikasi emaze terhadap motivasi belajar pembelajaran Al Islam siswa kelas XI SMA Muhammdiyah 4 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N. (2022). Pengaruh

Penerapan Model

Pembelajaran Project

Based Learning Terhadap

Minat Dan Hasil Belajar

Bahasa Indonesia Peserta

Didik Kelas X SMK Negeri 2

Pangkep. Jurnal Penelitian

Dan Penalaran, 9(1),

701–711.

Azizah, N. (2022). Pengaruh

Penerapan Model

Pembelajaran Project

Based Learning Terhadap

Minat Dan Hasil Belajar

Bahasa Indonesia Peserta

Didik Kelas X SMK Negeri 2

Pangkep. Jurnal Penelitian

Dan Penalaran, 9(1),

701–711.

Fiskia, F. R., & Haris, A. (2024).

Pengaruh Penggunaan

Media Pembelajaran Emaze

terhadap Motivasi Belajar

PAI Peserta Didik. Jurnal

Pemikiran Dan

Pengembangan

Pembelajaran, 6(2), 1012-

1019.

Kurniawan, Aw & Puspita, Z

(2016). Metode Penelitian

Kuantitatif. Pandiva Buku

Nasir, n., Nurindah, n., Rauf, a.,

Ayu, s., & Hambali, u.

(2022). Desain Media

Pembelajaran Prakarya

Berbasis Smart Apps

Creator. Jurnal Studi Guru

Dan Pembelajaran, 5(3),

226-232.

Nurindah, Kasman. (2021).

Impelementasi Media

Pembelajaran Berbasis

Android Terhadap Hasil

Belajar Bahasa Indonesia.

Akademika jurnal teknologi

pendidikan, 1-10.

Simamora, R. R., & Fauzi, R.

(2022). Pengaruh Media

Pembelajaran

Menggunakan Aplikasi

Emaze Terhadap Motivasi

Belajar Siswa. JURNAL

VINERTEK (Vokasional

Informatika Edukasi Riset

dan Teknologi), 2(3), 30-35.

Sugiyono. (2019). Metode

Penelitian Pendidikan.

(pendekatan kuantitatif,

kualitatif, dan r&d Bandung:

cv. Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode

Penelitian Pendidikan.

(Pendekatan kuantitatif,

kualitatif, dan r&d Bandung:

cv. Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian

Manajemen. Bandung:

Penerbit Alfabeta

Downloads

Published

2025-08-02