Pengaruh Penggunaan Aplikasi Emaze Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Al Islam Siswa SMA Muhammadiyah 4 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29798Keywords:
Aplication emaze 1, Lotivation to learn 2Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi emaze terhadap motivasi belajar pembelajaran Al Islam siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yakni desain pre-eksperimen desaign (One Shot Case Study). Berjumlah 11 sampel kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Makassar dilibatkan dalam penelitian ini. Instrumen yang peneliti gunakan yakni observasi dan angket untuk mengukur pengaruh aplikasi emaze terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi emaze terhadap siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 4 Makassar memiliki pengaruh baik. Hasil analisis statistik deskriptif dan inferensial saat menggunakan aplikasi emaze. Diketahui Bahwa ditemukan pada indikator perasaan senang sebanyak 76,30% siswa memilih bahwa dengan penggunaan aplikasi emaze suasana dikelas menjadi lebih menyenangkan, kemudian pada indikator perhatian siswa sebanyak 76,30% siswa fokus dan menyimak pembelajaran Al Islam menggunakan aplikasi emaze, adapun pada indikator ketertarikan siswa sebanyak 73,56% siswa merasa puas dan betah belajar Al Islam menggunakan aplikasi emaze dan pada indikator keterlibatan siswa sebanyak 86,30% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dengan penggunaan aplikasi emaze terhadap motivasi belajar pembelajaran Al Islam siswa kelas XI SMA Muhammdiyah 4 Makassar.Downloads
References
Azizah, N. (2022). Pengaruh
Penerapan Model
Pembelajaran Project
Based Learning Terhadap
Minat Dan Hasil Belajar
Bahasa Indonesia Peserta
Didik Kelas X SMK Negeri 2
Pangkep. Jurnal Penelitian
Dan Penalaran, 9(1),
701–711.
Azizah, N. (2022). Pengaruh
Penerapan Model
Pembelajaran Project
Based Learning Terhadap
Minat Dan Hasil Belajar
Bahasa Indonesia Peserta
Didik Kelas X SMK Negeri 2
Pangkep. Jurnal Penelitian
Dan Penalaran, 9(1),
701–711.
Fiskia, F. R., & Haris, A. (2024).
Pengaruh Penggunaan
Media Pembelajaran Emaze
terhadap Motivasi Belajar
PAI Peserta Didik. Jurnal
Pemikiran Dan
Pengembangan
Pembelajaran, 6(2), 1012-
1019.
Kurniawan, Aw & Puspita, Z
(2016). Metode Penelitian
Kuantitatif. Pandiva Buku
Nasir, n., Nurindah, n., Rauf, a.,
Ayu, s., & Hambali, u.
(2022). Desain Media
Pembelajaran Prakarya
Berbasis Smart Apps
Creator. Jurnal Studi Guru
Dan Pembelajaran, 5(3),
226-232.
Nurindah, Kasman. (2021).
Impelementasi Media
Pembelajaran Berbasis
Android Terhadap Hasil
Belajar Bahasa Indonesia.
Akademika jurnal teknologi
pendidikan, 1-10.
Simamora, R. R., & Fauzi, R.
(2022). Pengaruh Media
Pembelajaran
Menggunakan Aplikasi
Emaze Terhadap Motivasi
Belajar Siswa. JURNAL
VINERTEK (Vokasional
Informatika Edukasi Riset
dan Teknologi), 2(3), 30-35.
Sugiyono. (2019). Metode
Penelitian Pendidikan.
(pendekatan kuantitatif,
kualitatif, dan r&d Bandung:
cv. Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode
Penelitian Pendidikan.
(Pendekatan kuantitatif,
kualitatif, dan r&d Bandung:
cv. Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Manajemen. Bandung:
Penerbit Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.