Implementasi Culturally Responsive Teaching Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Cacah di Kelas 2 SD

Authors

  • Ginanda Azahra Va Arni Program Profesi Guru Prajabatan Universitas Mataram
  • Ahmad Busyairi Program Profesi Guru Prajabatan Universitas Mataram
  • Novalia Andriyani SDN 44 Ampenan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19662

Keywords:

Hasil Belajar, Culturally Responsive Teaching, Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan media Wordwall di kelas 2C SDN 44 Ampenan dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Pada pra siklus, persentase ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 41,67% dan rata-rata nilai kelas 69,27. Hasil pada siklus 1 menunjukkan peningkatan ketuntasan menjadi 66,67% dengan rata-rata nilai kelas 79,16 setelah penerapan CRT dan media Wordwall yang memperkenalkan tempat-tempat di Lombok. Siklus 2, yang memperkenalkan konteks lokal dalam bentuk makanan tradisional Lombok, menghasilkan persentase ketuntasan 100% dengan rata-rata nilai kelas 91,67. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CRT dan penggunaan media pembelajaran yang mengintegrasikan konteks budaya lokal dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selain meningkatkan hasil belajar, pendekatan CRT dan media Wordwall juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrahim, N. A., & Orosco, M. J. (2020). Culturally Responsive Mathematics Teaching: A Research Synthesis. The Urban Review, 52(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/s11256-019-00509-2

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Dwi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2022). The Influence of Ice-Breaking Application on the Mathematics Learning Motivation of Elementary School Students of Elementary School (SD) Nakula Cluster, Jembrana Sub-District. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 58–69. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i2.334

Enjelina, R. F., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. 1(1), 39–51.

Gay, G. (2018). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. New York: Teachers College Press.

Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 7–14.

Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49

Novitasari, A., & Fathoni, A. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5969–5975. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3168

Sya’bana, M., Hariyono, E., & Maharani, T. D. (2024). Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 66–73.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. MAGISTRA, 11(1), 1–21. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Matematika di Sekolah dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271–277. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5

Downloads

Published

2024-12-21