PENERAPAN NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL DENGAN PENDEKATAN AKSIOLOGI TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Desyi Rosita STAI Syekh Manshur Pandeglang
  • Farida Hanum Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19616

Keywords:

Pendekatan Aksiologi, Pendidikan Karakter, Budaya Lokal.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan pendekatan aksiologi dalam pendidikan karakter berbasis budaya lokal di Sekolah Dasar Unggulan Cahaya Al-Fatih Pandeglang, Banten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis tematik yang meliputi reduksi data, kategorisasi dan pengodean, interpretasi data, serta triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai budaya lokal melalui pendekatan aksiologi efektif dalam membentuk karakter siswa. Pendekatan ini tidak hanya memperkenalkan nilai-nilai seperti gotong royong, penghormatan kepada yang lebih tua, dan kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga membantu siswa memahami manfaat praktisnya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan nilai-nilai tersebut melalui kegiatan nyata seperti kerja kelompok dan kegiatan tematik mendorong siswa untuk lebih mudah menginternalisasi dan mempraktikkan sikap positif di sekolah, rumah, dan lingkungan. Temuan ini menegaskan pentingnya pengajaran berbasis budaya lokal yang aplikatif dalam membentuk karakter siswa yang beretika, peduli, dan menghargai budaya setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdhal, A., Manuputty, F., Litaay, S. C. H., & Makaruku, N. D. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Maluku dalam Hidden curriculum: Strategi Membangun Perdamaian dan Toleransi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 5071–5083.

Agustin Yolanda, M., Ratnawati, R., & Febriansyah, F. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Siswa Muatan Pkn Kelas Iv Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kurikulum 2013. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

Ali, I. M., Lestari, N. I. B., Janah, F., Najib, M., & Nabila, D. A. (2023). Integrasi Keislaman pada Matapelajaran SBdP untuk Membentuk Karakter Kerja Keras Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1833–1845.

Armianti, R., Yunita, S., & Dharma, S. (2024). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Integration of Digital Technology in Pancasila Education Learning to Strengthen the Profile of Pancasila Students. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 782–792.

BUKOTING, S. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82.

Dani, D. (2017). Pendidikan Islam sebagai Grand Design Pendidikan Karakter. JURNAL PEDAGOGY, 10(1), 107–123.

Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649–660.

Fahrurrozi, F., Fattah, A., Thohri, M., & others. (2024). The Perspective on Islamic Education is Examined Through The Book" Nahwa Tarbiyah Islamiyah" By Hasan Muhammad Al-Syarqawi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 229–241.

Hamidaturrohmah, H., Rohman, N., & Munir, M. M. (2024). Manajemen Kolaboratif Sebagai Pendekatan Efektif Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 6(1), 693–700.

Januardi, A., Superman, S., & Nur, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Tradisi Masyarakat Sambas dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 794–805.

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338.

Kholik, A., & Nasution, I. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membangun Moral Anak Dikecamatan Kisaran Barat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 13752–13761.

Lestari, E. F. L., & Utami, P. S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung Dalam Mitologi Jawa Tradisi Seret Gedhang di Desa Sumbersari Tumpang Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 230–244.

Lestari, T., Santoso, G., Saputro, T., & others. (2023). Meningkatkan Semangat Gotong Royong Melalui Aturan Kolaboratif Di Rumah, Sekolah, dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 1–18.

Lumuan, L. S. I., Wantu, A., & Hamim, U. (2023). Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Banggai Tengah Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 210–221.

Maisaroh, A. A., & Untari, S. (2024). Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Kebijakan Pemerintah Di Indonesia Menuju Generasi Emas 2045. Jurnal kebijakan pemerintahan, 18–30.

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan karakter gotong royong di sekolah dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238.

Munir, M., Najib, M., Putri, A. I., Ningrum, E. C., & Salfadilah, F. (2023). Integrasi Pendidikan Akhlak dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Metro Lampung. NUKHBATUL’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 9(2), 102–117.

Mustamiin, M. Z. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar di Era Modernisasi. PENDAS: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 1(2), 23–28.

Musyarofah, A. A. S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Budaya Ketimuran dan Inovasi Smart Society 5.0 Sebagai Strategi Pencegahan Bullying di Sekolah Indonesia: Sebuah Pendekatan Aksiologis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 461–468.

Muwahhida, M. A. F. (2023). Membangun Kebangsaan dan Memperkuat Budaya Lokal Melalui Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5640–5652.

Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2809–2818.

Nurwati, A., Abdurahman, I. S., & Jamaludin, U. (2024). Pepatah Adat Kampung Naga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(1), 196–205.

Praja, W. N., Affandi, A. F. M., & Gumelar, A. (2024). Pelatihan Aplikasi Metaverse Berbasis Kearifan Lokal untuk Memperkuat Karakter Siswa di Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 112–119.

Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77–97.

Purnama, I., Aulia, R., Karlinda, D., Wilman, M., Rozak, R. W. A., & Insani, N. N. (2023). Urgensi wawasan kebangsaan pada Generasi Z di tengah derasnya arus globalisasi. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 127–137.

Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi pembelajaran PKn sebagai pembentukan karakter peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7362–7368.

Rafsanjani, T. A., & Razaq, M. A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara. Profetika: Jurnal Studi Islam, 16–29. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8945

Rahma, A. A., Afifah, A., & Muniron, M. (2024). Landasan Filosofis Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama: The Philosophical Bases for Integration of Science and Religion. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 8(2), 319–354.

Rahmawati, Y., & Witanto, Y. (2024). Implementation of Character Educ Implementasi Pendidikan Karakter melalui Semarbowo di SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Jurnal Dikdas Bantara, 7(1), 25–36.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., Widyasari, C., & others. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

Tentiasih, S., & Rifa’i, M. R. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Untuk Membangun Toleransi Di Sekolah. Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 341–357.

Wahidah, N., Santoso, G., La Aca, M. F., Wuriani, D., Bosawer, A., Lestari, N. M., & Anggo, A. Y. (2023). Mengidentifikasi Keragaman Budaya di Sekitarnya Secara Setara Melalui Gotong Royong dan Collaboration di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 190–214.

Widiastuti, R., Faizah, H., & Elmustian, E. (2024). Potensi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Untuk Membangun Karakter Peserta Didik: The Potential of Local Wisdom in Language and Literature Learning to Build Student Character. Anterior Jurnal, 23(3), 134–144.

Downloads

Published

2024-12-31