Strategi STRATEGI KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH “INTRAKURIKULER, KOKURIKULER, DAN EKSTRAKURIKULER” DI SMP NEGERI 1 BALIKPAPAN

Authors

  • Azizah Ramadhanti Magister Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Muji Rahayu Magister Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Hamini Magister Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Warman Magister Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19602

Keywords:

Strategy. Principal, Quality Improvement, Superior Program

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi utama dalam pengembangan bangsa dan penting untuk mencetak generasi yang cerdas dan kompetitif. Di Indonesia, upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, terutama di jenjang SMP, menjadi prioritas utama. Kepala sekolah berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini mengeksplorasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan yang mencakup kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Balikpapan. Melalui perencanaan yang melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru dan siswa, diharapkan tercipta dukungan untuk program-program tersebut. Selain itu, evaluasi berkelanjutan diperlukan untuk menilai efektivitas program, meskipun berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan, juga harus dihadapi. Penelitian ini diharapkan memberikan rekomendasi bagi pemangku kebijakan untuk meningkatkan standar mutu pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., & Lestari, R. (2022). Integrasi Kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(2), 75-85.

Aisyah, M., & Lestari, D. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan, 15(2), 135-145.

Hayudiyani, M. (2023). Evaluasi Program Ekstrakurikuler untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 22(1), 90-102.

Meila Hayudiyani, A. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Program Unggulan. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 10(1), 44-60.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rded.). Sage Publications.

Nufriadi, A., & Mhd. Syafii, A. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(3), 88-102.

Nufriadi, F., & Syafii, M. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru melalui Pengembangan Program Kokurikuler. Jurnal Manajemen Pendidikan, 19(3), 210-225.

Pratama, I. (2023). Perencanaan Pendidikan yang Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 11(4), 120-130.

Pratama, R. (2023). Perencanaan Strategis Pendidikan Berbasis Kualitas dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Kurikulum dan Pengajaran, 30(4), 180-195.

Purwanto, S. (2022). Keterlibatan Stakeholder dalam Perencanaan Program Pendidikan di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 8(3), 101-115.

Rahmawati, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 25-37.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Memahami Penelitian Kualitatif (6thed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-11