PENERAPAN METODE EDUTAINMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM KELAS 5 DI SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19555Keywords:
Edutainmen, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri Sidorejo Lor I Salatiga dengan menggunakan metode edutainment. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5 di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan metode non-tes. Analisis data yang digunakan mencakup deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran edutainment berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata pada pra-siklus sebesar 64. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 68, dan pada siklus II mencapai 84. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa metode edutainment efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS bagi siswa kelas 5 SD Negeri Sidorejo Lor 0I Salatiga.Downloads
References
Ansori. (2019). "Media Monopoli Menciptakan Suasana yang Menyenangkan Pada Pembelajaran IPS". Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Majalengka, 764 – 770.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem based learning untuk MeningkatkanHasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353.https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Febryananda, I. P., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan di SMKN 2 Kediri. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran, 7(04), 170-174.
Fauzan, R. (2022). Implementasi Metode Edutainment Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv Di Mi Ma'arif Nu Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas (Doctoral Dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).
Hamruni, Edutainment Dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN Suka. 2019.hlm,50
Hamzah, M. Z., & Khoiruman, M. A. (2021). Problematik Pendidikan BahasaIndonesiaKajianPembelajaranBahasaIndonesiapadaSekolah Dasar.JurnalSyntaxTransformation,2(6),843848.https://doi.org/10.46799/jst.v2i6.307
Hidayati, Rahmatullah. Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran berbasis Edutainment pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V MIN 3 Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Diss. UIN Mataram, 2022.
Hasanah, M. N., & Bermi, W. (2022). Metode Pembelajaran PAI. Cv. Azka Pustaka.
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 59-66.
Juwanita, Resti. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD N 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Diss. IAIN Metro, 2019.
Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85
Murtiyani, E. (2022). Implementasi Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sambit Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Siahaan, F. E., & Sihotang, C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Satrya Budi Perdagangan.Jurnal Simki Pedagogia,6(1), 161-168.
Santoso, R., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh program literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik SMAN 2 Gadingrejo (Doctoral dissertation, Lampung University).
Saputri, S. (2013). Efektivitas Metode Edutainment Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Takalar.
Santoso. (2018). Penerapan Konsep
Edutainment dalam Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).1(1).http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index Sinar. (2018). Metode Active Learning. Deepublish.
Thobroni, 2016. Belajar dan Pembelajaran, AR-RUZZ MEDIA. Yogyakarta: Cetakan II
Wulandari, C. A., Rahmaniati, R., & Kartini, N. H. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Improving Collaboration Skills and Learning Outcomes Using Teams Games Tournament Learning Models. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.