ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DAN PERAN ORANG TUA SISWA KELAS V SDN 001 BUSUR, KECAMATAN BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT
Keywords:
Peran orang tua, Pola Asuh, Media Pembelajaran, Pandemi COVID-19Abstract
COVID-19 mengakibatkan sistem Pendidikan di Indonesia dialihkan ke pembelajaran secara daring yaitu pembelajaran yang dilaksanakan tanpa bertemu secara langsung di sekolah sehingga penggunaan media pembelajaran dipilih sebagai alternatif dalam pembelajaran pada masa COVID19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran yang digunakan oleh guru serta solusi guru ketika menghadapi hambatan pada proses KBM dan peran orang tua ketika membimbing anaknya. Sampel penelitian ini adalah guru kelas V serta perwakilan orang tua tiap kelas. Responden pada penelitian ini berjumlah 11 orang. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat penerapan media pembelajaran yang paling sering digunakan oleh guru SDN 001 Busur kelas V saat pandemi COVID19 adalah aplikasi WhatsApp Group karena penggunaan yang mudah diakses, mudah digunakan serta tidak boros kuota internet. Selain itu tentu pada pelaksanaan pembelajaran secara daring pun terdapat hambatan salah satunya lokasi tempat tinggal peserta didik yang sinyalnya kurang bagus sehingga alternatif dari guru dan sekolah adalah dengan melakukan pendampingan peserta didik oleh orang tua untuk ke sekolah tiap 1 minggu sekali sesuai jadwal. Lalu, peran orang tua yang ditunjukan melalui pola asuh orang tua yaitu (1) Pola Asuh otoriter (2) Pola asuh demokratis dan (3) pola asuh permisif. Tiga pola asuh yang terjadi selama pandemi COVID-19 dan tentu pada pelaksanaannya memiliki hambatan seperti keluhan orang tua terkait sistem pembelajaran jarak jauh yang banyak tugas serta harga paket data yang mahal. Solusi dari sekolah SDN 001 Busur adalah memberikan bantuan paket data bagi orang tua yang benar-benar membutuhkan.Downloads
References
Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Andriani, J., & Awang Yacoub Luthman, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada The Warong Distorsi Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 19(2). 37-46
Baihaqi, M. (2023). Pola pembelajaran di masa pandemi COVID-19 pada Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Tanjung Tiga. Indopedia. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan, 1(1), 89-98.
Fata, Z., & Murtono, M. (2021). Pola pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) SD Negeri kramat 3 kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(1), 109-118.
Komala, R. D., & Nellyaningsih, N. (2017). Tinjauan implementasi personal selling pada PT. Astra Internasional Daihatsu Astra Biz Center Bandung pada tahun 2017. eProceedings of Applied Science, 3(2).
Miftah, M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal pendidikan bidang pendidikan pada BPMP Kemdikbud. 95-105.
Musu, W., Simpen, W., & Samsie, I. (2021). Identifikasi pola pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19 menggunakan teknik data mining. Jurnal Pekommas, 11-19.
Nisa, I. K., Astuti, N., & Tias, I. W. U. (2022). Analisis peran orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 970-977.
Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi branding bandung giri gahana golf sebelum dan saat pandemi COVID-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 153-171.
Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2022). Pentingnya memahami karakteristik peserta didik sekolah dasar untuk meningkatkan efektivitas belajar dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333-9339.
Sulistiani, S., Suminto, S., & Suningsih, A. (2021). Pembelajaran daring dengan intervensi video pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. JURNAL e-DuMath, 7(1), 27-34.
Utomo, FH. (2015). Pendampingan implementasi media pembelajaran matematika inovatif pada Sekolah Dasar di Kecamatan Kedungwaru Tulungagung. Jurnal pengabdian kepada masyarakat. 3(1), 38-43
Wahib, A. (2021). Peran orang tua dalam membimbing anak belajar daring selama pandemi COVID-19. Jurnal paradigma, 12(1), 11.
Widodo, W., Werijon, W., & Setiawan, A. (2021). Dynamics of simultaneous local elections in 2020 during COVID-19 Pandemic. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 3(2), 185-205
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.