PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK CERITA FIKSI BERGAMBAR BERTEMA PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Taufiqur Rahman PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Murtyas Galuh Danawati PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Endang Poerwanti PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19499

Keywords:

pengembangan, big book cerita fiksi, profil pelajar pancasila di sekolah dasar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bersama guru kelas IV SDN Temas 01 Batu yang didapatkan bahwa pada kelas IV sekolah tersebut masih banyak peserta didik kelas IV yang belum bisa membaca dengan lancar dan perlu adanya media pembelajaran sebagai alat untuk membantu peserta didik dalam belajar membaca. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran media big book cerita fiksi bertema profil pelajar pancasila pada kelas IV sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analisis (analyze) tahap analisis yaitu tahap mengumpulkan informasi yang dapat dijadikan bahan untuk produk media, desain (design) tahap ini untuk mempermudah peneliti dalam merancang media yang akan dibuat, pengembangan (development) pada tahap ini peneliti merealisasikan apa yang dirancang dalah tahap desain agar menjadi produk media, implementasi (implementation) setelah produk diuji validasi oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi produk akan diuji cobakan, dan evaluasi (evaluation) tahap ini dilakukan untuk memberi nilai terhadap program pembelajaran. Teknis analisis data yang digunakan  pada penelitian ini yaitu teknis analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media big book cerita fiksi bertema profil pelajar pancasila untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.Pengembangan media big book cerita fiksi ini memperoleh hasil validasi materi sebesar 75% dan hasil validasi media sebesar  90%. Hasil validasi materi dan media tersebut sudah masuk dalam kategori sangat layak untuk diimplemantasikan. Sedangkan angket respon peserta didik memperoleh nilai sebesar 89%  yang dinyatakan sangat menarik. Hal ini dapat diartikan bahwa pengembangan media big book cerita fiksi bertema profil pelajar pancasila pada siswa kelas IV sekolah dasar dapat  menarik perhatian peserta didik sehingga lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Ni putu candra prastya. 2022. “analisis buku panduan guru fase a kelas 1 kurikulum merdeka mata pelajaran pendidikan pancasila pada jenjang sekolah dasar.” edukasi: jurnal pendidikan dasar 3(2):131. doi: 10.55115/edukasi.v3i2.2475.

Dwi, Viora, Wahyuningsi endang, Yenni fitra surya, and Marta rusdial. 2021. “learning media, indonesian language teaching.” pendidikan rokania 6.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, m. 2020. “jurnal basicedu. jurnal basicedu,.” jurnal basicedu 5(5):3(2), 524–32.

Hilda Hadian, Latifah, Sugara Mochamad Hadad, and Ina Marlina. 2018. “penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana.” didaktik : jurnal ilmiah pgsd subang 4(2):212–42. doi: 10.36989/didaktik.v4i2.73.

Ilmu, Fakultas, Tarbiyah dan, Universitas Islam Negeri, di Sumatera Utara. 2020. “media pembelajaran.” media pembelajaran 8.

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. 2022. “profil pelajar pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa.” edumaspul: jurnal pendidikan 6(1):1224–38. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Karman. 1991. “bab i pendahuluan a. latar belakang masalah perkembangan.” 1–49.

Laily, Evi Khudriyah, and Ganes Gunansyah. 2018. “penggunaan media big book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sdn rangkah 1 surabaya.” jpgsd 6(10):1801–10.

Luh, Ni, and Putu Ekayani. 2021. “pentingnya penggunaan media siswa.” pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (march):1–16.

Mirnawati, Lilik Binti, Meirza Nanda Faradita, and Berlina Titania Anggraenie. 2019. “pengembangan media big book tema kebersamaan dalam mendukung pembelajaran keterampilan menyimak siswa kelas IV sekolah dasar.” (1):401–10.

Ningsih, Agus Tia. 2022. pengembangan media pembelajaran big book tema 6 subtema 2 untuk siswa kelas 1 sd negeri 66 pekanbaru. vol. 1.

Novikasari, Ifada. 2009. “pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran matematika open-ended di sekolah dasar.” jurnal pemikiran alternatif kependidikan 14(2):346–64.

Nurul Dwi Tsoraya, Ika Ainun Khasanah, Masduki Asbari, and Agus Purwanto. 2023. “pentingnya pendidikan karakter terhadap moralitas pelajar di lingkungan masyarakat era digital.” literasi: jurnal manajemen pendidikan 1(x):7–12.

Rani Santika, Febrina Dafit. 2023. “implementasi profil pelajar pancasila sebagai pendidikan karakter di sekolah dasar.” jurnal abdi ilmu 7(6):6641–53. doi: 10.31004/obsesi.v7i6.5611.

Riyaningsih, Etik, Maryono Maryono, and Harini Harini. 2018. “pembentukan karakter bagi peserta didik sekolah menengah atas dalam pembelajaran seni tari melalui model discovery learning.” teknodika 16(2):44. doi: 10.20961/teknodika.v16i2.34778.

Saputra, Ria, Siti Rochmiyati, and Banun Havifah Cahyo Khosiyono. 2023. “perwujudan keenam profil pelajar pancasila dalam kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila pembuatan tempat pensil sederhana dari botol plastik bekas.” elementary school: jurnal pendidikan dan pembelajaran ke-sd-an 10(1):87–98. doi: 10.31316/jurnal.v10i1.4077.

Syelviana, Nishfi. 2019. “pengenbangan media big book dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas i sekolah dasar.” pgsd 07(01):2559–69.

Sari, C. P. (2018). Faktor - Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas VI. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Setiawan, F. (2019). Pengembangan Media Delima (Denah Lingkungan Rumah) pada Subtema Bermain Lingkungan Rumah untuk Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan

Downloads

Published

2024-12-31