PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV
Keywords:
Pop Up Book, Media Pembelajaran, Permainan Ular TanggaAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu Mengembangan Media Pop Up Book Men ggunakan Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran pop up book saat digunakan di kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pop up book menggunakan permainan ular tangga memperoleh hasil validasi materi sebesar 92% dan validasi media sebesar 86%. Kedua validasi tersebut masuk kategori sangat valid diimplementasikan. Sedangkan angket respon peserta didik mendapat nilai sebesar 94,5% dan hasil angket respon guru sebesar 90%. Dari kedua angket respon tersebut masuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat diartikan bahwa pengembangan media pop up book menggunakan permainan ular tangga pada mata pelajaran IPAS dapat menarik perhatian dan minat peserta didik serta aktif dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Fatimah, S., Supangat, S., & Sinensis, A. R. (2023). Pengembangan Media Belajar Pop Up Book Berbasis Literasi Qur’an Pada Materi Tata Surya Kelas VI. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 98–107. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.278
Fitriyah, I., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran Prezi dengan model ADDIE simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 84–97. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42221
Gawise, G., Nurmaya. G, A. L., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2669
Hamzah, L., & Baalwi, M. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Keragaman Budaya Dengan Model Addie Pada Kelas IV MI Asasul Muttaqin. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 5(1), 26–31. https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/572/393
Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Raihan, P., Nuriyah, S., Nurhadi, Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah:Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106–113. www.aging-us.com
Khoirina, A., & Arsanti, M. (2022). Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring), 1975, 992–997.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412–420. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.92
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1475
Ningsih, S. D., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan POP UP Book Budaya Jawa Timur Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 149–155. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.105
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351
Resta, R. G., & Kodri, S. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 162–167. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135
Sinta & Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada. JPD (Jurnal Pendidikan Dasar), 11(2), 248–265. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/18939/9877
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.