PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV

Authors

  • Auliya Daeng Firda Tussofa Universitas Muhammadiyah Malang
  • Murtyas Galuh Danawati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Frendy Aru Fantiro Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

Pop Up Book, Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu Mengembangan Media Pop Up Book Men ggunakan Permainan Ular Tangga Pada  Mata Pelajaran IPAS Kelas IV dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran pop up book saat digunakan di kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pop up book menggunakan permainan ular tangga memperoleh hasil validasi materi sebesar 92% dan validasi media sebesar 86%. Kedua validasi tersebut masuk kategori sangat valid diimplementasikan. Sedangkan angket respon peserta didik mendapat nilai sebesar 94,5% dan hasil angket respon guru sebesar 90%. Dari kedua angket respon tersebut masuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat diartikan bahwa pengembangan media pop up book menggunakan permainan ular tangga pada mata pelajaran IPAS dapat menarik perhatian dan minat peserta didik serta aktif dalam proses pembelajaran. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah, S., Supangat, S., & Sinensis, A. R. (2023). Pengembangan Media Belajar Pop Up Book Berbasis Literasi Qur’an Pada Materi Tata Surya Kelas VI. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 98–107. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.278

Fitriyah, I., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran Prezi dengan model ADDIE simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 84–97. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42221

Gawise, G., Nurmaya. G, A. L., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2669

Hamzah, L., & Baalwi, M. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Keragaman Budaya Dengan Model Addie Pada Kelas IV MI Asasul Muttaqin. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 5(1), 26–31. https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/572/393

Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Raihan, P., Nuriyah, S., Nurhadi, Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah:Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106–113. www.aging-us.com

Khoirina, A., & Arsanti, M. (2022). Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring), 1975, 992–997.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294

Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412–420. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.92

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1475

Ningsih, S. D., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan POP UP Book Budaya Jawa Timur Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 149–155. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.105

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Resta, R. G., & Kodri, S. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 162–167. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189

Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135

Sinta & Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada. JPD (Jurnal Pendidikan Dasar), 11(2), 248–265. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/18939/9877

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952

Downloads

Published

2025-01-01