ASSET BASED THINKING DALAM FORMULASI VISI MISI SATUAN PENDIDIKAN

Authors

  • Zuhriyah Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Sukarman Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Yulia Rohmatin Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Ma'mulah Noor Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19446

Keywords:

Asset Based Thinking, Visi dan Misi

Abstract

Ekosistem pendidikan yang kompetitif menuntut perkembangan yang konstan untuk keunggulan, mendesain ulang roadmap organisasi satuan pendidikan yang berkelanjutan, mendefinisikan, menyediakan, berkonsentrasi dan memiliki komitmen pada karyawan dalam pencapaian pengembangan lebih lanjut.Kekuatan dan kelemahan satuan pendidikan dapat dicermati bagaimana satuan pendidikan mampu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Asset-Based Thinking adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr. Kathryn Cramer, Mendesain ide positif menjadi inspirasitif bekerja lebih terorganisir, dan terarah menuju kesuksesan. Pendekatan berbasis aset menjadi pilihan dalam menjalankan setiap program di organisasi berkaitan dengan pemberdayaan sumber daya. Pendekatan berbasis aset (asset-based approach) adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr. Kathryn Cramer, seorang ahli psikologi yang menekuni kekuatan berpikir positif untuk pengembangan diri. Pendekatan ini merupakan cara praktis menemukenali hal-hal yang positif dalam kehidupan. Dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, kita diajak untuk memusatkan perhatian pada apa yang berjalan dengan baik, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif. ada 7 asset based Thinking yang dapat dipergunakan dalam melaksanakan identifikasi kekuatan yang dimiliki satuan Pendidikan untuk diperlukan sebagai aset kekuatan dalam menyusun sebuah Visi Misi satuan Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Calam, A. Q. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan, Jurnal Ilmiah SAINTIKOM Sain dan Komputer. Jurnal Ilmiah Saintifik, 15(1).

Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356

Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Saintifik, 15(1).

Faruq, M. H. Al, & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. In Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (Vol. 5, Issue 1, p. 68). Universitas Negeri Surabaya. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68- 76

Hariwibowo, R. (2018). Analisis visi dan misi fakultas ekonomi dan bisnis universitas mulawarman. KINERJA, 15(2). https://doi.org/10.29264/jkin.v15i2.4035

Kristianti, P., & Loisa, R. (2021). Analisis Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan dalam Komunitas Wadah Pemimpin. In Koneksi (Vol. 5, Issue 1, p. 106). Universitas Tarumanagara. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10187

Purnomo, S. (2017). PENGEMBANGAN SASARAN, VISI DAN MISI HUBUNGAN MASYARAKAT DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Kependidikan, 3(2). https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.899

Tanković, A. Č. (2013). Defining strategy using vision and mission statements of Croatian organizations in times of crisis. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja, 26. https://doi.org/10.1080/1331677X.2013.11517655

Downloads

Published

2024-12-28