PROSES REKRUTMEN PENDIDIK MI PTQ DARUL HIKMAH MENGANTI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH YANG UNGGUL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16878Keywords:
Sistem Rekrutmen, Pendidik, Kualitas Pendidikan, MI PTQ Darul Hikmah MengantiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan dan menganalisis sistem perekrutan tenaga pendidik di MI PTQ Darul Hikmah Menganti, serta meningkatkan mutu pendidikan melalui proses perekrutan tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Temuan penelitian menjabarkan bahwa sistem perekrutan tenaga pendidik di MI PTQ Darul Hikmah Mengantiterdiri dari beberapa tahapan, meliputi aspek administratif, wawancara, evaluasi membaca dan menulis Al-Qur'an, serta kemampuan mengajar secara rinci. Madrasah berusaha mencari tenaga pendidik yang sesuai dengan profil dan memiliki komitmen kuat terhadap proses pengajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI PTQ Darul Hikmah Menganti. Upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melibatkan program pengembangan untuk pendidik dan kegiatan evaluasi mingguan. Hasil perekrutan pendidik berdampak pada tingkat loyalitas dan komitmen dalam mengajar. Sebelum resmi bekerja di MI PTQ Darul Hikmah Menganti, calon tenaga pendidik diwajibkan untuk membuat perjanjian kontrak kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Downloads
References
Anwar, S. 2020. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Anwar, Saeful, and Muhammadun. 2020. “Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SDIT Ibnu Khaldun Sedong.” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 5(9):929–40. doi: 10.36418/SYNTAX-LITERATE.V5I9.1587.
Efendi, Mohamad Fahrudin. 2022. “Sistem Penerimaan Guru Pada Lembaga Pendidikan Swasta (Studi Di Yayasan SMK Al-Huda Kota Kediri).” Ta’lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu 1(2):80–95.
Fatimah, R. 2021. Strategi Rekrutmen Pendidik Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Surabaya: Edu Press.
Mulyasana, Dedy. 2011. Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing. Bandung: Rosdakarya.
Muslimah, Ima Rahmawati, Abdul Goffar, Ayit Irpani Naila Nahdiyah, Diningrum Citraningsih, Ismatul Izzah, Marjuni. 2023. Studi Lembaga Pendidikan Islam. Zaedun Na’. Bandung: Media Sains Indonesia.
Nursapia Harahap. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. edited by Hasan Sazali M.A. Medan: Wal ashri Publishing.
Pasiska, Rabial Kanada, and Mutyati. 2020. “Elaksanaan Rekrutmen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lan Tabur Kota Pagar Alam.” L-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(2):85–96.
Sondang P. Siagian. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, A. 2019. Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran. Bandung: Media Edukasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.