IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING BKK DI SMK YASEMI KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Wahono Endro Purnawanto Universitas PGRI Semarang
  • Bunyamin Universitas PGRI Semarang
  • Gufron Abdullah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19300

Keywords:

Digital Marketing, BKK

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer adalah hasil wawancara dan data sekunder adalah data pendukung seperti literature, observasi dan dokumen. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Analisis penelitian menggunakan langkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. 1) Perencanaan digital marketing BKK di SMK Yasemi Kabupaten Grobogan adalah menetapkan dan merumuskan tujuan, pendayagunaan manusia, pemanfaatan material dan penganggaran. Perencanaan melibatkan unsur sekolah, komite sekolah dan Tim BKK. Kegiatan perencanaan meliputi identifikasi dan analisa kebutuhan agar anggaran yang diajukan tepat sasaran. 2) Pengorganisasian digital marketing BKK di SMK Yasemi Kabupaten Grobogan meliputi: a) menentukan penanggungjawab dari masing-masing akivitas yang dilaksanakan; b) menyediakan peralatan yang dilakukan; c) memberikan motivasi, pengarahan dan bimbingan pada tiap-tiap individu yang diberi wewenang baik dalam manajerial maupun teknisnya. Pengorganisasian dilakukan secara professional dalam pembagian kerja sesuai dengan SDM dan potensi diri pada tim pelaksana BKK. Pengorganisasian melibatkan siswa agar mereka dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. 3) Pelaksanaan digital marketing BKK di SMK Yasemi Kabupaten Grobogan meliputi mencari informasi tentang dunia kerja, menawarkan tenaga ahli ke pihak DUDI, pendaftaran calon tenaga kerja (Canaker), melakukan pengiriman untuk memenuhi permintaan tenaga kerja dan mengadakan verifikasi sebagai tindak lanjut pengiriman dan penempatan yang dilakukan. 4) Pengawasan digital marketing BKK di SMK Yasemi Kabupaten Grobogan, meliputi pengawasan internal dilakukan kepala sekolah dan pengawas. Pengawasan eksternal dilakukan oleh komite sekolah bersama masyarakat. Teknik pengawasan dilakukan secara langsung dengan pihak internal yang bersifat teknik pelaksanaan di lapangan. Kemudian pengawasan tidak langsung dalam bentuk laporan. Pengawasan tidak langsung ini dilakukan oleh komite dan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Murhadi, M., & Ponidi, P. 2019. Digitalisasi Sekolah Melalui Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. INTEK: Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(2), 62-69.

Kemdikbud. (2019). Kemdikbud. Diambil kembali dari referensi. data.kemdikbud.go.id

Listiana, D. (2019). Manajemen Bursa Kerja Khusus dalam Upaya Peningkatan Penyaluran Lulusan SMK ke Dunia Kerja. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 325-338.

Terry, George. 2016. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Nursam, N. (2017). Manajemen kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2).

Nurlaili, N. (2022). Manajemen Bursa Kerja Khusus di SMK Negeri 2 Samarinda dalam Penyaluran Lulusan ke Dunia Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1291-1300.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. 2019. Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Nababan, M. L. (2021). Urgensi Perencanaan Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Kristen. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(3), 172–182. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i3.84

Sudaryana, Y., Juhaeri, J., Dewi, A. G., Mudzakir, M., Sibarani, M., Ismail, F. R., & Romasturia, D. 2021. Penerapan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Tingkat Partisipasi Calon Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nurul Amal Islamic Boarding School Kota Tangerang Selatan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 278-289.

Sunarya, E. A., & Anom, E. (2021). Strategi Penggunaan Media SMK Teknologi Pilar Bangsa Dalam Mempromosikan Sekolah Dan Menarik Minat Siswa-Siswi Baru. Journal of Scientific Communication (JSC), 3(2).

Prasetyawan, H. (2020). Strategi Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK dalam Mengantar Alumni Mendapat Pekerjaan (Studi Kasus di SMK Negeri 3 Probolinggo). e-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(3), 128-143.

Romadhoni, M., Partono, P., & Sholah, A. (2022). Peran Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Negeri 9 Malang dalam upaya memasarkan lulusan ke dunia kerja. Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan dan Pengajaran, 3(1), 71-82.

Jumati, N., Novianto, I., Wahyudi, H., & Putri, R. L. (2021). Optimalisasi Peran BKK SMK Wijaya Putra di Masa Pandemi Menuju Kenormalan Baru. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 966-977.

Ayu, E. F., & Trihantoyo, S. (2021). Optimalisasi Bursa Kerja Khusus Dalam Menyalurkan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 932-941.

Efrinaldi, et al. 2023. Kontribusi bursa kerja khusus dan kemampuan bekerjasama terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia is Nationally Accredited. Vol 09-01.

Downloads

Published

2024-12-31