MEMBANGUN KERANGKA PENGEMBANGAN PROFESI GURU MELALUI INTEGRASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN ADAPTIF
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19294Keywords:
Teacher Profession, Technology Integration, Education, AdaptiveAbstract
Artikel ini membahas betapa pentingnya memasukan teknologi ke dalam sistem pendidikan untuk mengajarkan siswa keterampilan digital yang relevan dengan dunia kerja saat ini. Tujuan dari artikel ini adalah untuk membahas pentingnya membangun kerangka pengembangan profesi guru melalui pendekatan yang fokus integrasi teknologi pendidikan dan keterampilan adaptif dan juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan adaptabilitas guru dalam era global yang semakin kompleks Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder, dan menggunakan teknik pengumpulan data analisis data sekunder yang berupa survei data atau data dari penelitian (penelitian) yang sebelumnya. Penelitian ini menganalisis bahwa keterampilan adaptif sangat penting untuk pengembangan profesional guru karena membantu guru menjadi lebih siap menghadapi perubahan dan tantangan yang muncul dalam pendidikan. Teknologi pendidikan juga memiliki potensi besar untuk mengubah cara belajar dan mengajar dan juga bermanfaat untuk meningkatkan pendidikan di masa depan jika digunakan dengan benar. Penelitian ini juga menunjukkan peran guru sebagai pendidik profesional yang tidak hanya menyampaikan pengetahuan tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan siswa. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan, sangat disarankan untuk meningkatkan profesionalitas guru melalui pelatihan berkala, kolaborasi antar guru, dan penerapan metode pembelajaran inovatif. Dan meningkatkan kompetensi profesional guru melalui penggabungan teknologi pendidikan dan keterampilan adaptif sangat penting. Sebagai pendidik profesional, tugas guru tidak hanya memberikan pengetahuan, mereka juga harus membangun karakter dan keterampilan siswa untuk memenuhi kebutuhan zaman sekarang.Downloads
References
Aisyah, Siti, Muhammad Sholeh, Indah Bunga Lestari, Lusi Dwi Yanti, Nuraini Nuraini, Puspitri Mayangsari, and Rayi Arista Mukti. 2024. “Peran Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran IPS Di Era Digital.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(1):44–52.
Arif M. 2021. “Teknologi Pendidikan.”
Dyah, Oleh :., Retno Wulandari, Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana Universitas, and Negeri Yogyakarta. 2016. Strategi Pengembangan Perilaku Adaptif Anak Tunaghrahita Melalui Model Pembelajaran Langsung.
Gabriel Siringoringo, Ryan, Muhamad Yanuar Alfaridzi, Jl Pendidikan No, Cibiru Wetan, Kec Cileunyi, Kabupaten Bandung, and Jawa Barat. 2024. “Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran Terhadap Efektivitas Dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital.” 2(3):66–76. doi: 10.61132/yudistira.v2i3.854.
Hanafi Muhammad. 2017. “Membangun Profesionalisme Guru Dalam Bingkai Pendidikan Karakter.” 5(1).
Hanik, Elya Umi, Dwiyanti Puspitasari, Emilia Safitri, Hema Rizkyana Firdaus, Maurin Pratiwi, and Reza Nidaul Innayah. 2022. “Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL Dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital.” JEID: Journal of Educational Integration and Development 2(1):2022.
Inggriyani Febry, and Widianto Edi. 2024. “Penerapan Teknologi Pembelajaran Adaptif Dalam Kelas Pendidikan Dasar: Dampaknya Terhadap Keterampilan Dan Kemandirian Belajar Siswa.”
Khadijah, Inayatul. 2022. Definisi Dan Etika Profesi Guru.
Maulia, Safira. 2023. “Peran Komunikasi Efektif Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD).” Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(1).
Mulyasa, H. E. 2021. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.
Nur, Syamsiah, and Mardiah Mardiah. 2020. “Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5(02):215–28. doi: 10.46963/alliqo.v5i02.245.
Nuraini alda Amelia, Putri Nadhifa Nuraini, and Kharissa Revina Salsabilah. 2023. Integrasi Teknologi Dan Dalam Pendidikan Pancasila Dan Pada Era Multikulturalisme. Vol. 1.
Nurhasanah, Junaid Ahmad, Sumarlan, Finthariasari Meilaty, and Septina Lisdayanti. 2023. “Penguatan Literasi Dan Numerasi Menggunakan Adapsi Teknologi Di Sekolah Dasar.”
Nurjanah, Maya. 2021. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyyah.” 13(2):2021.
Nurkholis, M. Anwar, and Dan Badawi. 2019. Profesionalisme Guru Di Era Industri 4.0.
Permata Sari, Anggelika. 2021. Pentingnya Profesi Guru Di Pendidikan Di Indonesia. Vol. 1.
Puspita, Vivi, Shella Marcelina, and Silfi Melindawati. 2023. “Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar.” BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 3(2):235–40.
Rahman, Abd. 2022. “Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru.”
Ratih Sulistiani, Ika, and Mutiara Sari Dewi. 2024. “Teachers’ Performance in Integrating Technology in The Digital Era Through Professional Competence and Self-Efficacy.” Jurnal IlmiahPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 14(1):13–29. doi: 10.18952/aladzkapgmi.v14i1.11016.
Riswanto, and Mulyanti Dety. 2024. “Peran Guru Dan Kepala Sekolah Sebagai Aktor Pendidikan Di TengahPerubahan Lingkungan Pendidikan Yang Berubah Cepat.” 3.
Ritonga, Asnil Aidah, Yudha Wijaya Lubis, Siti Masitha, and Chichi Paramita Harahap. 2022. “Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SD Negeri 104267 Pegajahan.” JURNAL PENDIDIKAN 31(2):195. doi: 10.32585/jp.v31i2.2637.
Rusdiana A. 2014. “Integrasi Pendidikan Agama Islam Sains Dan Teknologi.” VIII NO.2.
Situmorang, Jonar T. H., and M. Th. 2024. Etika Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Penerbit Andi.
Suardi, Adila, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, and Universitas IN Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jl Syech Nawawi Al-Bantani Kp Andamui Kel Sukawana Kec Curug Kota Serang Banten Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2018. Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Peserta Didik Di Era Globalisasi.
Surya Volta, Arif, Cahya Fajriyati Nahdiyah, and Atika. 2023. Transformasi Pendidikan Di Era 4.0 : Intelektualitas Guru Tercipta Kualitas Sekolah Terjaga.
Syifa Miasari, Rahmalia, Cory Indar, Unik Hanifa Salsabila, Ulfiyana Amalia, and Syaiful Romli. 2022. Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.