PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KODISTEM (KOMIK DIGITAL BERBASIS STEM) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MATERI BUNYI KELAS V SD NEGERI 007 SUNGAI KUNJANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19279Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, KODISTEM, Literasi SainsAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya literasi sains siswa pada pembelajaran IPA yang disebabkan oleh penggunaan media yang diterapkan guru tidak terlalu beragam sehingga siswa cenderung bosan selama proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran yaitu KODISTEM (komik digital berbasis STEM). Tujuannya adalah mengetahui: 1) proses pengembangan media KODISTEM, 2) kelayakan pengembangan media KODISTEM, dan 3) literasi sains siswa setelah penerapan media KODISTEM. Pengembangan ini dilaksanakan melalui metode research and development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE, mencakup lima tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, and evaluation. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasilnya berupa media pembelajaran KODISTEM yang telah divalidasi ahli media mencapai rata-rata 95% dengan kategori “sangat layak.” Ahli materi rata-rata memperoleh nilai sebesar 93% kategori “sangat layak.” Respon siswa mendapat nilai kelayakan adalah 89% pada kategori “sangat layak” sedangkan penilaian respon guru mencapai 98% yang dikategorikan “sangat layak.” Uji N-Gain menunjukkan nilai 0,6 tergolong dalam kategori “sedang”. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media pembelajaran KODISTEM layak diterapkan terhadap pelaksanaan pembelajaran.Downloads
References
Aliifah, N. J., Ramli, M., & Yunita, L. (2023). “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Webtoon Terintegrasi Stem Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Gaya Antarmolekul.” Spin-Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 5(1), 112–126.
Anissa N.N, Erna Suhartini, Muhammad Ramli Buhari, & Andi Asrafiani Arafah. (2023). “Pengembangan Lkpd Ipa Berbasis Stem Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 170–176
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.