PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Authors

  • Rosita Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10067

Keywords:

Teknologi Digital;, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA);, Media Pembelajaran;, Pendidik;

Abstract

Pengembangan teknologi digital dengan sangat pesat membawa banyak manfaat, untuk membantu kita di dalam kegiatan berinteraksi, bekerja, bermain dan juga belajar. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis ini adalah untuk mengkaji pengembangan teknologi sebagai media yang inovatif dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Ilmu pengetahuan alam atau sering disebut dengan IPA merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang akan selalu ada untuk dipelajari, karena ilmu pengetahuan alam (IPA) memiliki hubungan yang sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini relevan dengan manfaat dari adanya pengembangan teknologi digital. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan (library research), dengan melakukan litelatur yang sesuai untuk mengetahui jawaban dari penelitian yang akan dilakukan dan dituliskan dalam bentuk deskriptif.Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan digital yang terus-menerus mengalami peningkatan dapat dimanfaatkan pendidik sebagai media pembelajaran yang inofatif, terkhusus dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) ini yang telah penulis kaji. Dan untuk memaksimalkan penggunaan dari media pembelajaran, pendidik dapat melakukan dengan memahami karakteristik, fungsi dan kebutuhan dalam pembelajaran dan lalu hal tersebut dapat menjadi batasan pendidik dalam pembuatan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Arif Sadiman dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

B, Harto, & R, Komalasari. (2020). Optimalisasi Platfrom Online Internet Marketing Untuk SME Little Rose. Bandung: Academia.

Chaffey, D., & Chadwick, F. E. (2019). Digital Marketing. Pearson UK.

G Chakti. (2019). The Book of Digital Marketing Digital Marketing Book, vol. 1. Celebes Media Perkasa.

G, Zaagsma. (2013). On Digital History.BGMN Low Countries Historical Review, 3-29.

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sukardi. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Artikel in Press :

Henderson, M., Henderson, M. J., & Romeo, G. (2015). Teaching and Digital Technologies: Big Issues and Critical Questoins. Cambridge University Press.

Rukmana, A. Y. (2023). Teknologi Digital. In T. Digital, Digital Marketing Dan E-Commerce (pp. 27-40). Global Eksekutif Teknologi.

Jurnal :

Azhar. (2016). Pemanfaatan Media Berbasis Lingkungan dan Media Standar Laboratorium Pada Pembelajaran Dasar-Dasar Sains. Di Program Studi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry. Lantanida Journal. 4 (2)

Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. 300-309

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 105-107.

Mursid Rosidi. (2019). Pengguanaan Media Konkret Pada Pemahaman Konsep Bagian Tumbuhan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IIIC. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 12 (1), 63-68.

Rohmah K.K dan Marimin (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar, KompetensiKepribadian dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Perstasi Siswa Program Studi Administrasi Perkantoran Di SMK 1 Purwodadi. Jurnal Ekonomi Dinamika Pendidikan. 10 (2), 28-4

Syar, N. I. (2018). Kajian dan Pembelajaran IPA. Palangka Raya

Suari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3),241-247.

Susilo Setyo Utomo. (2019). Guru di Era Revolusi Industri 4.0.

Downloads

Published

2023-09-07