PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SDN AENGBAJA RAJA

Authors

  • Fera Dewi Safitri SDIT Nurul Bayan
  • Ike Yuli Mestika Dewi STKIP PGRI SUMENEP
  • Fitriana Minggani STKIP PGRI SUMENEP
  • Mohamad Suhaidi STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19257

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran, Blended Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan adakah pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN Aengbaja Raja Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental dengan bentuk One-Group Pretest- Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling total, di mana dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III di SDN Aengbaja Raja yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Analisis data nilai siswamenggunakan program SPSS for Windows versi 25. Hasil dari tes tersebut dilakuka uji statistik menggunakan uji T. Berdasarkan analisis uji dapat diketahui bahwa nilai probabilitas (sig) = 0,000. Artinya, H0 ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa H1 menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa di SDN Aengbaja Raja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media

Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2).

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Dewi, Ike Yuli Mestika (2019). Karakter Toleran Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berkualitas. Banter : CV AA Rizki

Dewi, Ike Yuli Mestika (2020). Matematika Teologis Untuk Mengembangkan Kecerdassan Spiritual Siswa Sekolah. Banter : YPISM

Dewi, Ike Yuli Mestika (2020). Pengembangan Karakter Toleran Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan Saintific Approach Di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Sumenep. ELSE (Elementary School Education Journal). Volume 4 Nomor 1 Pebruari 2020. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/issue/view/442. Hlm. 80

Dwiyanto, H. (2020). Menyiapkan Pembelajaran Dalam Memasuki “New Normal” Dengan Blended Learning. Pengembang Teknologi Pembelajaran Lpmp Lampung, 2019, 1–9.

Gredler, Margaret E. (2011). Learning and Instruction : Teori Aplikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Hendarita, Y. (2020). Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Media Blog. Link Web: https://sibatik. kemdikbud. go. id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_3. pdf.

Jakni. 2016 Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Jamaluddin, A. A., Dwiyogo, W. D., & Hariyanto, E. (2018). Pembelajaran Senam Berbasis Blended Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1373–1382.

Lastiningsih, Netti.( 2018).Taksonomi Empirik Pengajuan Soal dan Gaya Kognitif. Lamongan : Pagan Press

Mustanil, M., Hady, M. S., & Kawakip, A. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Blended Lerning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mi Darul Hikmah Bone. Journal Of Elementary Education, 5(6), 6453–6463.

Nurfianto, Dwi Muhamad, Karimatus Saidah, Nurita Primasatya. (2024). Case Study : Problematics of Implementing Differentiation Learning in Kediri City. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol 9, nomor 2. Januari 2024. Hlm. 346. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/22368/3810

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125–132.

Shofa, F. M., & Hanik, E. U. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar. Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 1(02), 16–28

Suhaidi, Mohamad. (2018. Pendidikan Agama Berbasis Wisata Religi Studi Model Belajar Langsung Pendidikan Agama ala Ssswa Zaman Now. Sumnenep : CV Abida Mahran

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah Strategi Internalisasi Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah. Yogjakarta : Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2025-01-01