PENGARUH GAYA MENGAJAR PEER TEACHING TERHADAP PENGETAHUAN PEMBELAJARAN BOLA VOLI PADA KELAS XI DI SMA N 1 KLARI

Authors

  • Soca Ar Rantisi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dikdik Fauzi Dermawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fahrudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19251

Keywords:

Peer Teaching; Pengetahuan Pembelajaran Bola Voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar peer teaching terhadap pengetahuan pembelajaran bola voli kelas XI di SMA N 1 Klari. Berupa penelitian eksperimen untuk mencari apakah gaya mengajar peer teaching berpengaruh terhadap pengetahuan pembelajaran bola voli. Jumlah sampel sebanyak 80 peserta didik, diambil dengan teknik sample random sampling. Data penelitian dilakukan dengan one group pre-test dan post-test design menggunakan butir soal sebanyak 25 soal pada pembelajaran permainan bola voli di awal dan akhir pertemuan. Hasil penelitian diperoleh melalui uji normalitas dengan hasil kelas eksperimen pretest 0,259 > 0,05 posttest 0,332 > 0,05 hasil penelitian menunjukan data berdistribusi normal. Uji homogenitas yang menunjukan nilai sig 0,233 > 0,05 menyatakan bahwa data hasil pretest-posttest homogen. Perhitungan uji paired sample t test pada kelas eksperimen di dapatkan nilai Sig. (two-tilled) 0,000 < 0,05 menunjukan adanya perbedaan signifikan antara hasil sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dinyatakan adanya pengaruh gaya mengajar peer mengajar terhadap pengetahuan pembelajaran bola voli kelas XI di SMA N 1 Klari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, N. (2019). Pengaruh Metode Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Operasi Aljabar. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 10(2), 69–77. https://doi.org/10.47766/itqan.v10i2.540

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Aziz, M. I. M., & KN, J. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Permainan Bola Besar. Jurnal Pendidikan Mutiara, 6(1), 5–16.

Azwar, Saifuddin.”Reliabilitas dan validitas aitem.”Buletin Psikologi 3.(1), 19-26

Bangun, S. Y. (2017). RESIPROKAL MENGGUNAKAN SIMPAI MEMPERBAIKI BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 2(1), 20. https://doi.org/10.26740/jossae.v2n1.p20-24

Imanuddin, S., & Alianur. (2022). Implementasi Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli. 2(4), 88–92. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/index%0AImplementasi

Mufidah, H. A., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Metode Peer Teaching terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 72–84. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.11980

Nadhiroh, L., & Hidayat, T. (2017). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli ( Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jabon , Kab . Sidoarjo ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05(3), 625–632.

Pamungkas, F. A., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal (Timbal-Balik) Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Saputra, D. I. M., & Gusniar, G. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli melalui Bermain Melempar Bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 3(1), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i1.862

Simanjuntak, V., & Purnomo, E. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN 7 SINGKAWANG SELATAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sutiawan Ayep. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Model

Downloads

Published

2024-12-31