PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI FOTOSINTESIS DI SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18831Keywords:
Keterampilan Proses, Game Edukasi, LKPD InteraktifAbstract
Penelitian ini membahas mengenai LKPD interaktif berbasis game edukasi untuk meningkatkan keterampilan proses pada pembelajaran IPAS materi fotosintesis di SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses peserta didik melalui penggunaan LKPD interaktif berbasis game edukasi yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analisys), perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIS Hidayatullah Batang Kuis. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD interaktif berbasis game edukasi sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS materi fotosintesis. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan LKPD interaktif berbasis game edukasi yang menarik sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik.Downloads
References
Abdul Salam Hidayat, S., Dlis, M.Pd, P., & Hanief, M.Pd, P. (t.thn.). Pengembangan Model Pembelajaran Atlentik Nomor Lari Berbasis Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Penerbit CV SARNU UNTUNG.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Live Worksheets untuk mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 232-240. (Samin, 2023)
Hidayat, Sukmawarti, & Fadilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan HasilL Belajar Siswa Kelas 5 SD Dengan Menggunakan Chip Bilangan. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 160-167.
N.F, I. A., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Life Worksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6, 8154-8162.
Samin. (2023). Berfikir Kritis Dengan Game Edukasi. MEGA PRESS NUSANTARA.
Sukmawarti, & Hidayat. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2851-2859.
Sukmawarti, Hidayat, Firmansyah, & Mujib, A. (2017). IbM Guru Cerdas Geogebra. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 52-59.
Sukmawarti, & Pulungan, A. J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 31-36.
Yunita, F., & Sukmawarti. (2023, April 11). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Budaya Jawa Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Critical Thingking Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7985-7994.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.