ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENULIS (DISGRAFIA) PADA SISWA KELAS 5 SD

Authors

  • Septy Nurfadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dayu Retno Puspita Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Chico Aciakatura Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Febrika Damaiyanti Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Fitri Nur Azzizah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Khusnul Khotimah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nisa Ayudhiya Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nurhalisa Ayudhiya Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rizki Amalia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Silvia Nur Hasanah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Syarifah Farhana Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Widia Ananda Putri Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18711

Keywords:

Analisis, Disgrafia, kesulitan, menulis

Abstract

Masalah dalam belajar menulis yang sering disebut sebagai disgrafia, merupakan tantangan yang dihadapi dalam bidang pendidikan. Guru perlu memahami dengan mendalam variasi karakteristik individu dalam gejala disgrafia dan merancang strategi pembelajaran yang sesuai. Selain itu, peran orang tua memiliki kepentingan besar dalam memberikan dukungan kepada anak-anak yang mengalami disgrafia. agar menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan mendukung bagi setiap siswa, memungkinkan mereka mencapai potensi penuh dalam literasi dan prestasi akademis. Penelitian ini dilakukan di SDN Pegadungan 11 Pagi Kota Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, terdapat 2 siswa di kelas V B yang memiliki ketunaan kesulitan belajar menulis (Disgrafia). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Ada kecenderungan penyebab disleksia adalah masalah fonologi yaitu hubungan sistematik antara huruf dan bunyi, masalah mengingat perkataan, masalah penyusunan yang sistematis, masalah ingatan jangka pendek, dan masalah pemahaman sintaksis (tata bahasa).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harits Ikhsandi, M. R., Adi Putra, M. J., & Alexander Alim, J. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus dengan Kesulitan Belajar Menulis (Disgrafia) pada Siswa Kelas III SDN 030 Bagan Jaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 9296–9302. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7517

Laila Qadaria, Khoirul Bariah Rambe, Wapiatul Khairiah, Rahmanita Minta Ito Pulungan, & Elvira Zahratunnisa. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 97-106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675

Nik Haryanti, Muhibbudin, M., & Imam Junaris. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa (Disleksia dan Disgrafia) di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 7-16. https://doi.org/10.53621/jider.v2i1.60

Sari, Novita, Kusmana, A., & Kurtanto, E. (2020). Strategi Menangani Kesulitan Menulis (Disgrafia) Melalui Pembelajaran Partisipatif Di Sekolah. GHANCARAN : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 56-63.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaf. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2016). Pembelajaran Menulis Untuk Anak Disgrafia Di Sekolah Dasar. Transformatika, 107-109.

Timotius, K. H. (2018). Otak dan Perilaku. Andi Ofset.

Yusuf, M. (2003). Pendidikan bagi anak dengan problema belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Downloads

Published

2024-09-30