A COMPARATIVE STUDY BETWEEN EXTROVERT AND INTROVERT PERSONALITY ON SPEAKING SKILL (A Study at 2nd Semester Students of Tadris Bahasa Inggris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu in Academic Year2023/2024)

Authors

  • Bunga Nabillah Sukran Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Risnawati State Islamic University of Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Pebri Prandika Putra State Islamic University of Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18523

Keywords:

Introvert, Extrovert, and Speaking Skill

Abstract

Berbicara merupakan keterampilan produktif yang dapat diamati secara langsung. Tujuan utama dari semua pengajaran bahasa Inggris adalah memberikan siswa kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris secara efektif dan akurat untuk mencapai komunikasi yang lebih baik. Namun, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam berbicara, karena tingkat kinerja mereka yang berbeda. Mereka memproses informasi secara berbeda dan ada perbedaan kepribadian (ekstrovert dan introvert). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kompetensi berbicara antara siswa dengan kepribadian introvert dan ekstrovert. Penelitian ini menggunakan metode desain kausal-komparatif, sampel penelitian terdiri dari (20) siswa, 10 siswa dengan kepribadian introvert dan 10 siswa dengan kepribadian ekstrovert, dengan populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester kedua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan instrumen angket tes kepribadian dengan mengadopsi pertanyaan dari inventaris kepribadian Eysenck. Setelah mendapatkan hasil kepribadian siswa, mereka melanjutkan dengan tes kompetensi berbicara, analisis dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test dengan SPSS Versi 22.0 for Windows. Dapat dilihat bahwa t hitung sebesar -4,001 > t tabel 1,7340 sehingga apabila nilai  t hitung > t tabel maka didapatkan hasil H O diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak ada perbedaan kemampuan berbicara antara siswa ekstrovert dan introvert. Nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa introvert sebesar 74,9 dan kemampuan berbicara siswa ekstrovert sebesar 66,9.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning & Teaching 4th Edition. New York: Pelarson Education.

Brown, H. D. (1994). Teaching by Principles: An Interactive Approach To Language Pedagogy. New Jersey: Prentice Hall Regents.

Eysenck, H. J., & Eysenck, S. B. (1968). Eysenck personality inventory. Journal of Clinical Psychology.

Nunan, R. C. (2001). The Cambridge Guide to Teaching English to Speakers of Other Language. Cambridge: University Press.

Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology: A Textbook for Teachers (9th ed.). New York: Prentice Hall.

Nunan, R. C. (2001). The Cambridge Guide to Teaching English to Speakers of Other Language. Cambridge: Univelrsity Prelss.

Zhang, Y. (2008) The Role of Personality in Second Language Acquisition. Asian Social Science. Vol. 4, no. 5, pp. 58-59.

Downloads

Published

2024-10-23

Most read articles by the same author(s)