ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI LINGKARAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18479Keywords:
Understanding, Problem-Based InstructionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar pada materi lingkaran. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Subjek penelitian adalah siswa kelas IX Muhammadiyyah 1 Singkawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan angket motivasi belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi ditinjau dari motivasi belajar tinggi mempunyai rata-rata sebesar 59,75 yang berada pada kategori sedang, 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar sedang mempunyai rata-rata sebesar 43,08 yang berada pada kategori sedang, dan 3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar rendah mempunyai rata-rata sebesar 50 yang berada pada kategori sedang.Downloads
References
Agustina, Nani. 2017. “Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Pada SMP Uswatun Hasanah Jakarta.” Paradigma 19(1): 61–68. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/download/1540/1310.
Daud, Yusri M. 2021. “Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry 10(2): 1–10.
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas.
Ertikanto, Chandra. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Estu Kakung. 2021. “Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X Terhadap Materi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Serta Aktivitas Pengembangan Secara Daring Di SMA Negeri 1 Pundong.” Frontiers in Neuroscience 14(1): 1–13.
Hadi, Sutarto, and Maidatina Umi Kasum. 2015. “Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks).” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1): 59–66.
Hajri, Priazki. 2023. “Kajian Komparasi Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia Dan Malaysia.” 14(1): 42–54.
Ilham, Dodi. 2019. “Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 8(3): 109–22. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73.
Kharim , Al Khavid. 2017. Analisis Level Pemahaman Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Program Linier Kelas Xi Busana Butik Semester Genap Smk Muhammadiyah 1 Cepu Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro.
Magdalena, Ina, Shifa Fauziah, Putri Widiya Sari, and Nesfi Berliana. 2020. “Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(2): 283–95. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.
Muthmainnah, Rahmita Nurul, Pendidikan Matematika, and Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2015. “Volume 1 No.1 JULI 2015.” 1(1): 15–27.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3(2): 333.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. 2006. “Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006.” Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order 44(2): 8–10.
Pittariawati. 2020. “Penggunaan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Teks Prosedur.” 6754: 73–81.
Rohmah, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based-Instruction (PBI) Berbasis Aktive Knowledge Sharing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Saputra, H. (2023). Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora, 2(1), 17-26.
Silviana Nur Faizah. 2017. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume 1(2).
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutja, Akmal. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.
Sylvia, Ike, Syafri Anwar, and Khairani Khairani. 2019. “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education 6(2): 103.
Undang-Undang No 2. Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1989. Undang-Undang No 2. Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Warohmah, M., & Masruroh, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Penalaran dalam Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Winarno. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yanti, Pimae Fuyi. 2020. Model Pembelajaran Pair Checks. Bandung: Tata Akbar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.