PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKOPEDAGOGIK TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18401Keywords:
Ekopedagogik, karakter peduli lingkungan, ecobrickAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran ekopedagogik terhadap karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Negeri 4 Jalaksana Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Jalaksana yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian ini terlihat dari hasil perhitungan menggunakan uji t, dimana nilai mean atau rata-rata sebelum diberikan treatment atau pretets yaitu 34,32 sedangkan nilai mean atau rata-rata setelah diberikannya treatment atau posttets yaitu 89,32 dengan taraf signifikansi 0,00<0,05 yang artinya nilai setelah diberikannya perlakuan atau treatment lebih besar dibanding dengan nilai sebelum diberikannya perlakuan atau treatment dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari dari 0,05. Hal ini berarti adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan atau treatment dengan pengimplementasian pembelajaran ekopedagogik dengan projek ecobrick dalam pembelajaran IPAS. Maka dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian pembelajaran ekopedagogik dengan projek ecobrick dalam pembelajaran IPAS berpengaruh terhadap karakter peduli lingkungan siswa.Downloads
References
Adela, D., & Permana, D. (2020). INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN MELALUI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal BELAINDIKA, Volume 02, 17–26.
Adzani, A., Azizah, K. N., Adiwinata, N. J., & Marthania, W. (2024). Implementasi Ekopedagogi Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar : Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Dan Keterlibatan Siswa. 3(1).
Andarini, J., & Sudarti, S. Y. (2023). Analisis Efek Global Warming Terhadap Perubahan Iklim. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 4(2), 2023.
Asih, H. M., & Fitriani, S. (2018). Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Produksi Inovasi Ecobrick. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(2), 144. https://doi.org/10.23917/jiti.v17i2.6832
Asmara, H. N. (2023). Implementasi Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana di Samarinda. Nomos: Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 3(3), 84–91. https://journal.actual-insight.com/index.php/nomos/article/view/1612%0Ahttps://journal.actual-insight.com/index.php/nomos/article/download/1612/1514
Azizah, N., Supriatna, N., & Sundawa, D. (2023). Project of Ecobricks in Social Studies for The Environment-Caring Character of Students. 10(4), 955–963.
Badan Pusat Statistik. (2018). LAPORAN INDEKS PERILAKU KETIDAKPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA 2018. BPS-RI/BPS-Statistics Indonesia.
Fadjarajani, S., & As’ari, R. (2021). Ecopedagogy based learning as an effort to increase student ecoliteration and the development of environmental care characters Ecopedagogy based learning as an effort to increase student ecoliteration and the development of environmental care characters. https://doi.org/10.1088/1755-1315/683/1/012046
Fajarwati, D. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV SDN 2 Pasuruan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.
Finali, Z., & Budyawati, L. P. I. (2022). Ekopedagogik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Sebagai Pendukung Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 16(2), 243–249. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i2.33922
Margo Irianto, D., Herlambang, Y. T., Yunansah, H., & Wahid, R. (2022). Rancang Bangun Bahan Ajar Digital Berbasis Ekopedagogik Approach. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1150–1160. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1813
Rahman, A., Tenriawaru, A. O., & Ahmadin, A. (2022). Pengarusutamaan Ekopedagogik Pada Keluarga Petani di Desa Bulutellue Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 4(2), 179. https://doi.org/10.29300/ijsse.v4i2.6903
Rusfiana, Y., & Lestari, M. N. (2021). Strategi antisipasi potensi bencana alam di Kabupaten Bandung. Jurnal Konstituen, 3(1), 31–39. http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/811/1/2385-Article Text-8816-1-10-20220315.pdf
Sari, P. P., Lafiani, E., Sholikhah, S., & Ngazizah, N. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Pendidikan Lingkungan Melalui Program Bank Sampah Sejahtera Sebagai Kepedulian Terhadap Lingkungan. 4, 35–40.
Sugiono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF dan R&D. ALFABETA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.