IMPLEMENTASI MEDIA SNAKE LADDER PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK KELAS IV SDN SUKOSARI 01

Authors

  • Aning Tri Rahayu Universitas PGRI Madiun
  • Purwandari PPG Prajabatan Universitas PGRI Madiun
  • Febriana Puspitasari SD N Sukosari 01
  • Ayuni Widya Pratiwi SD N Sukosari 01
  • Yuni Astutik SD N Sukosari 01

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18374

Keywords:

Snake Ladder, Psikomotorik, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan psikomotorik peserta didik kelas IV SDN Sukosari 01 melalui pembelajaran IPAS berbantuan media pembelajaran yaitu Snake Ladder. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode analisis berupa deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN Sukosari 01 sebanyak tujuh peserta didik. Objek penelitian yaitu aspek psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi Membangun Masyarakat yang Beradab dengan berbantu media pembelajaran berupa Snack Ladder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa permasalahan yaitu bahwa aspek psikomotorik peserta didik kelas IV cukup rendah serta pemahaman dalam mata pelajaran IPAS masih terbilang kurang.  Penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan aspek psikomotorik pada siklus I dan siklus II. Hasil uji yang dilakukan memperoleh data pada siklus I yaitu hanya terdapat 3 peserta didik yang sesuai dengan kriteria dengan persentase 60%. Pada siklus II mendapatkan hasil uji yang memperoleh data bahwa seluruh peserta didik kelas IV memenuhi kriteria yang dilakukan dengan persentase 100%. Sehingga pada siklus II terdapat peningkatan dalam aspek psikomotorik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impementasi media Snake Ladder pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan psikomotorik peserta didik kelas IV SDN Sukosari 01 Dagangan, Kabupaten Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Arikunto, S dkk (2015). Penelitian Tindakan Kelas (edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Alfabeta.

Jurnal :

Cahyawati, R. E., & Wulandari, M. D. (2019). Media Snake and Ladder untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas II di SD Negeri Mijen, Jebres, Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Juhaeni, J., Ariyanti, D., Sa’adah, N., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Travel Snake-Ladder Game Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 3(5), 233-245.

Kamila, A., & Hidayaturrochman, R. (2022). Peran guru dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini melalui media pembelajaran outing class. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 1(2), 1-13.

Pipo, B. H., Gembong, S., & Purwanti, P. (2023). Penerapan Pembelajaran di Luar Kelas untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa melalui Mata Pelajaran IPA dengan Materi Siklus Air Tanah di Kelas V SDN Jomblang Tahun Pelajaran 2023/2024. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 935-944.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01).

Ukkas, R., Thaha, H., & Rahmawati, R. (2020). Peranan Media Bermain bagi Perkembangan Aspek Psikomotorik Anak Usia Dini di TK Seatap Kampung Tangnga. Jurnal Konsepsi, 9(3), 140-151.

Wahyudi, D., Febriyanni, R., & Halim, A. (2022). Implementasi Media Projected Still Dalam Meningkatkan Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pelajaran Fikih di Kelas VIIII MTS Negeri 1 Langkat. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(3), 88-98.

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran ipas mi/sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)