PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN THE CARDINAL TREE SISWA KELAS II SD N SUKOSARI 01 KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

Authors

  • Ita Susanti PPG Prajabatan Universitas PGRI Madiun
  • Purwandari PPG Prajabatan Universitas PGRI Madiun
  • Yuni Astutik SD N Sukosari 01
  • Febriana Puspitasari SD N Sukosari 01
  • Atik Sulistiani SD N Sukosari 01

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18134

Keywords:

Kemampuan Numerasi, Nilai Tempat Bilangan, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan numerasi dengan menggunakan media The Cardinal Tree kelas II SD N Sukosari 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II. Objek penelitian adalah kemampuan numerasi dalam menentukan nilai tempat bilangan. Metode analisis adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil tes essay pada tahap awal, ada beberapa permasalahan antara lain beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami nilai tempat bilangan dan mereka suka media pembelajaran pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media The Cardinal Tree dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas II. Hasil ketuntasan klasikal dan rata-rata kemampuan numerasi pada pre test terdapat 2 siswa dengan kriteria sangat baik sebesar 25%, 4 siswa dengan kriteria baik sebesar 50%, dan 2 siswa dengan kriteria cukup baik sebesar 25%. Sedangakan pada rata-rata kemampuan numerasi sebesar 71,25. Pada siklus I, ketuntasan klasikal terdapat 5 siswa dengan kriteria sangat baik sebesar 62,5%, 2 siswa dengan kriteria baik sebesar 25%, dan 1 siswa dengan kriteria cukup baik sebesar 12,5%. Sedangakan pada rata-rata kemampuan numerasinya sebesar 79,39. Hasil rata-rata kemampuan numerasi dari tahap pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,13. Pada siklus II, ketuntasan klasikal terdapat 8 siswa dengan kriteria sangat baik sebesar 100% dan skor rata-rata kemampuan numerasi sebesar 88,75. Hasil rata-rata kemampuan numerasi dari siklus I ke siklus II sebesar 9,37.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal of Elementary Education, 3(2), 123-133.https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414

Anggraeni, Muryaningsih, & Ernawati. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JRPD: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 25-37.https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929

Arikunto, Suhardjono, & Supardi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Gaudensiana Bopo dkk (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pintar Berhitung Pada Anak Usia 6-7 Tahun. Http://Jurnalilmiahcitrabakti.Ac.Id/Jil/Index.Php/Jil

Hartatik Sri. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei)

Komang Ayu Febiola. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka, Volume 3 Nomor 2 2020, pp 238-2248.

Koyan Wayan. (2012). “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Noge, M.D., M. M. & N. E. . (2019). Pengembangan Media Pohon Angka Untuk Aspek Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Negeri Bunga Bangsa http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots

Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi di Era Pandemi Covid-19. Aksara Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147. https://doi.org?10.37905/aksara.8.1.147-154.2022

Putra, Angga, dkk. (2022). Pengembangan Media Bagan Pohon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD. 6 (2).

Rahayu, Made Ayu Nadi, L. P. I. C. I. M. . (2019). Implementasi Alat Permainan Edukatif Pohon Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal dan Lambang Bilangan. Media Edukasi, 3(1), 29. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/download/730/643 %

Sugiono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-10-04

Most read articles by the same author(s)