PENGARUH MOTIVASI GURU DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MUTU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PATEAN KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Puji Prapsilo Universitas PGRI Semarang
  • Nurkolis Universitas Pgri Semarang
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18278

Keywords:

motivasi ekstrinsik intrinsik, keterbukaan, ekspektasi mutu sekolah

Abstract

Prapsilo, Puji. 2024. “Pengaruh Motivasi Guru dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Sekolah SD Negeri di Kecamatan Patean”. Semarang: Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing: (1) Dr. Nurkolis, M.M.; (2) Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd.           Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan SD Negeri di Kecamatan Patean yaitu, di antaranya : mutu sekolah SD Negeri di Kecamatan Patean belum merata, motivasi guru sekolah sudah cukup baik namun belum maksimal, pelaksanaan budaya sekolah yang belum konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh motivasi guru terhadap mutu sekolah, 2) Pengaruh budaya sekolah terhadap terhadap mutu sekolah, dan 3) Pengaruh motivasi guru dan budaya sekolah  secara bersama- sama terhadap mutu sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah 223 orang guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Patean dan sampel penelitian 143 guru. Analisis penelitian meliputi analisis uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji t, uji F, regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan Motivasi Guru terhadap Mutu Sekolah sebesar 50,8%, adapun thitung  12,066  ≥  ttabel 1,65, dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh positif dan signifikan Budaya Sekolah terhadap Mutu Sekolah sebesar 59,62%. Hal ini berdasar hasil thitung  14,300  ≥ ≥ ttabel  1,65, dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05; (3) Ada pengaruh positif dan signifikan Motivasi Guru dan Budaya Sekolah secara bersama terhadap Mutu Sekolah sebesar 72,7%. Hal ini berdasar hasil Uji F, terbukti Fhitung > Ftabel (186,673 > 3,06 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Saran bagi Dinas Pendidikan perlu untuk meningkatkan Mutu Sekolah. Bagi Kepala Sekolah untuk meningkatkan budaya sekolah keterbukaan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, R. 2024. “Budaya Sekolah (Untuk Peningkatan Mutu Sekolah)” Jurnal Al-Risalah, 4 (1).

Abdullah, K; Jannah, M; Aiman, U; Hasda,S; Fadilla, Z, Masita, Ardiawan, K.N; Sari, M.E. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pidie Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaeni.

Adamy, M. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ljokseumawe: Unimal Press.

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Agustini, F. 2019. Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: UISU Press.

Ahyari, A. 2015. Manajemen Produksi (Pengendalian Produksi). Yogyakarta.

Ajabar. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sleman: Deepublish.

Akmaluddin, Dewi, R; Gultom,S & Darmawati. 2020. “Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Afektif Guru SMA Negeri Kota Banda Aceh”. Visipena Journal, 11(1): 132–145.

Al-Wasilah, A. C. “Tujuh Ayat Sekolah Unggul”, Pikiran Rakyat, 28 Maret 2006. diakses 20 Juni 2024

Ardana, I. K. 2012. Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ashlan, S, Hambali, dan Hartati, T. 2022. Gaya Kepemimpinan Kepala. Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Padang: CV. Azka. Pustaka.

Badriyah, M. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Chasanah, L., Toharudin, M., & Setiyoko, D.T. 2019. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Terhadap Pengelolaan Kelas di SDN Siwungkuk 01 Wanasari Brebes”. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 33–38.

Danim, S. 2020. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Djemari, M. 2013. Pedoman Umum Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Yogyakarta:: Pascasarjana UNY.

Farida, U dan Hartono. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia II. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.

Fatmasari. 2014. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Gugus II SD Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah”. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 14 (2): 426-441

Moorhead, G dan Griffin,R.W. 2020. Perilaku Organisasi: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Munthe, R.N & Napitu, R & Sudirman, A. 2023. “The Influence of Principal Leadership Behavior and Work Environtment on Teaching Satisfaction og High School Teachers”. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis. 6(7): 8-14.

Musdiani dkk. 2020. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Aceh: CV. Sofa Bumi Persada.

Muzaki, H. 2020. ”Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja”. Jurnal Manajemen dan Ekonomi. 3(2): 20-33.

Novel, F, Muhdi, Retananidyastuti. 2020.“Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu SMK Di Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang”. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9 (1).

Novita, M. 2017. Sarana dan Prasarana yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Nur El-Islam, 4 (2): 97-129.

Nur-Zazin. 2021. Gerakan Menata Mutu Pendidikan, Teori Dan Aplikatif. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia.

Nurfajrina, S; Efendi,U; Sucitra, D.A. 2022. “Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 10 (2):26-37.

Nurlaela, N., Miyono, N. & Haryati, T. 2023. “Peranan Budaya Mutu Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA Negeri 2 Cepu”. MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(3), 210-218.

Pally, Y.F.N & Septyarini, E. ”Penagruh Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, dan Motivasi Kerja terhadap Mutu Sekolah Pegawai”. Jurnal Manajemen. 14 (1): 140-147.

Pratiwi, W. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur. [Skripsi]. Cikarang: Universitas Pelita Bangsa.

Priadana, S dan Sunarsi, D. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Rahimah, M.P dan Sariakin.2024. “Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan di SMP Negeri Kabupaten Aceh Besar”. JMIPS, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 5(4).

Rahman, A. 2021. ”Supervisi dan Pengawasan Dalam Pendidikan”. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. 1(2): 51-65.

Rahmat, A & Kadir, S. 2017. Kepemimpinan Pendidikan dan Budaya Mutu. Gorontalo: Zahir Publishing.

Reksohadiprodjo, S., & Gitosudarmo, I. 2015. Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Romadhoni, L. C. 2015 ”Pengaruh Beban Kerja, Budaya Sekolah dan Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pustakawan Di Kota Mataram”. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al Hikmah. 3(2):125-145.

Safaria, T. 2014. Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sagala, S. 2016. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat: Strategi. Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: PT. Nimas Multima

Samsuddin. 2018. Kinerja Pegawai: Tinjauan dari Dimensi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi. Sidoarjo:Indomedia Pustaka.

Sani, R.A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi. Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Saputra, H., Muhazirin, B., & Panjaitan, H. P. 2021. The Effect of Brand Image, Product Quality, Quality of Service, Price Perception and Place on Consumer Buying Interest in Sido Kangen Bakso Pekanbaru. LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 1(1): 48–61.

Sedarmayanti. 2018. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT. Refika Aditama.

Sedarmiyanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Setiana, A.R. & Dewi, L.S. 2022. Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Surabaya: CV. Global Aksara Pers.

Setiono, A.B & Sustiyatik, E. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia Pendekatan Teoritis dan Praktis. Surabaya: Universitas Hangtuah.

Siagian, S. P. 2018. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka. Cipta.

Subagia, N.K.T.F & Yudana, M & Divayana, D.G.H.2019. ”Kontribusi Supervisi Klinis Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Tunjangan Profei terhadap Mutu Sekolah SD Negeri di Kecamatan Kuta Utara”. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. 10(1) : 101-110.

Syafaruddin. 2018. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiarsarana Indonesia.

Syahrum dan Salim. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cita Pustaka Media.

Triatna, C. 2015. Perilaku Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tsauri, S. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: STAIN Jember Press.

Uno, B.H. 2014. Teori Motivasi dan pengukurannya (Analisis di bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, B.H. 2018. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, I. 2016. “Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan”. Jurnal Administrasi Bisnis. 2(6).

Waedoloh, H & Purwanta, H & Ediyono, S. 2021. Gaya Kepemimpinan dan Karakteristik Pemimpin Yang Efektif. Webinar Dewan Profesor Universtitas Sebelas Maret. SHEs: Conference Series. 5 (1): 144-152.

Wibisono, B.D. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Palebon Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.

Widyaningrum dan Enny, AC. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: UBHARA Manajemen Press.

Wijono, S. 2018. Kepemimpinan Dalam Prespektif Organisasi. Jakarta: CV. Prenadamedia Group.

Zazin, N. 2021. Gerakan Menata Mutu Pendidikan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Ar- Ruzz Media

Zubaidah, S. 2015. “Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan di SMK N 1 Pabelan”. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi” Kerjasama Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan, Program Studi S-2 Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret Surakarta dan ISPI Wilayah Jawa Tengah, Surakarta.

Zuryati, D., Usman, Nasir. 2015. “Motivasi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemawe”. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 3 (2): 38-48.

Downloads

Published

2024-10-23

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>