PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBANTUAN MEDIA KERTAS LIPAT KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18223Keywords:
Numbered Head Together, Media kertas lipat.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi operasi hitung pecahan, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan media kertas lipat di kelas Vb SD Negeri 34/I Teratai. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa model NHT yang diterapkan secara bertahap mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66%, meskipun belum mencapai target yang ditetapkan yaitu ≥75%. Pada siklus II, hasil belajar siswa semakin meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85%, melebihi target yang ditentukan. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kertas lipat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan.Downloads
References
Asmoro, M., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Model NHT Berbantu DAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 114-123.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Zulkhi, M. D. (2021). Traditional Games on Character Building: Integrating Hide and Seek on Learning. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2651-2666.
Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., ... & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan aplikasi pembelajaran matematika di SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Herliani, E., Nulhakim, L., & Karyana, S. (2021). Implementation of STEM Local Context in Indonesia. SEAQIS Journal of Science Education, 1(1), 6-17.
Jumanta, (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192-201.
Lestari, P. A. S., & Gunawan, G. (2020). The impact of Covid-19 pandemic on learning implementation of primary and secondary school levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2), 58-63.
Mariah, M. (2022). The Effect of Teacher Teaching Skills and Student Interest in Learning History. HISTORIA VITAE, 2(2), 67-72.
Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331-340.
Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124-5129.
Najiyyah, N., & Faizah, S. N. (2019). Media Kertas Lipat Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Kelas IV di MI Murni Sunan Drajat Lamongan. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 79-89.
Ni Putu Candra Lestari. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research/Vol 2.No 4
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2018. Jakarta: Kemendikbud.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.
Zulkhi, M. D., Destrinelli, D., & Indryani, I. (2024). Increasing Students' Learning Activity Through a Differentized Learning Approach Using the Project Based Learnig Model in Primary Schools. Journal of Basic Education Research, 5(2), 96-107.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.