PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOLABORASI SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16872Keywords:
Model Pembelajaran Card Sort, Keterampilan Berkolaborasi, Mata Pelajaran IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran card sort untuk meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa kelas kelas IV pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar.Penelitian ini dilakukan di SDN 06/IV Kota Jambi, Kelurahan Sungai Asam, Kecamatan Pasar Jambi pada kelas IV. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Setelah itu data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian setelah penerapan model pembelajaran card sortpada pembelajaran IPAS mampu meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa. Hal ini dikarenakan tiap siswa mengalami peningkatan keterampilan berkolaborasi dengan memperhatikan indikator keterampilan berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran yang dapat terlihat pada setiap siklus pertemuan. Hasil dari penelitian pada siklus I pertemuan I memperoleh persentase sebesar 50%, sedangkan pada siklus I pertemuan II diperoleh persentase sebesar 59,06% dengan peningkatan sebanyak 9,06%. Pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase sebesar 71,25% dimana terjadi peningkatan sebanyak 12,19% dan untuk siklus IIpertemuan II diperoleh persentase sebesar 88,12% dengan peningkatan sebesar 16,87%. Hasil penelitian pada siklus II pertemuan II telah mencapai persentase pemerolehan indikator keberhasilan, yaitu 75% dengan selisih dari siklus I ke Siklus II sebesar 38.12%.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa kelas IV SDN 06/IV Kota Jambi pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator keterampilan berkolaborasi pada tiap siklus pertemuannya.Downloads
References
Adila & Mawardi. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1–24. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9174
Ernizar. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII A SMPN 1 Tanjung Jabung Timur Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–11.
Permendikbud No.16 Tahun 2022. (n.d.). Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan jenjang Pendidikan Menengah.
Ramadan, S. (2023). Penguasaan Kosakata Dengan Model Pembelajaran Card Sort Pada Keterampilan Menulis Teks Recount Bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(1), 56–65. https://doi.org/10.51878/action.v3i1.1999
Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334–4339. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Silberman, M. (2019). 101 cara pelatihan dan pembelajaran aktif (cetakan II). PT Indeks.
Sugiyono. (2022). Model penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Cetakan II). Penerbit Alfabeta.
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal OF Elementary Education, 4(2), 130–137. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2
Zainal Aqib, D. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SD/MI (Rose KR; Aziz Safa; Anto; Joko p. (ed.); Cetakan I). AR-Ruzz Media.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.