PENERAPAN PENDEKATAN TaRL BERBANTUAN AKM KELAS PADA PEMBELAJARAN PEMAHAMAN PECAHAN SISWA KELAS II SDN NONGKOSAWIT 02

Authors

  • Ariska Setya Widyaningrum Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18178

Keywords:

TaRL, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dalam proses pembelajaran guru cenderung menggunakan metode ceramah, penggunaan media pembelajaran yang sederhana yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan siswa menjadi kurang berkonsentrasi. Selain itu, dalam guru jarang melakukan evaluasi sehingga kontrol terhadap hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan dan keefektifan pendekatan TaRL berbantuan AKM Kelas menggunakan model Problem Based Learning terhadap pemahaman pecahan siswa kelas II SDN Nongkosawit 02. Jenis penelitian adalah penelitian campuran (mix method). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pendekatan TaRL berbantuan AKM kelas menggunakan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran pemahaman pecahan siswa kelas II SDN Nongkosawit 02 sudah telaksana dengan baik secara mandiri; (2) rata-rata nilai pretest adalah 59,52, sedangkan posttest mencapai 79,67, menunjukkan peningkatan sebesar 33,85%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL berbantuan AKM Kelas menggunakan model PBL efektif dan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan di kelas II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). “Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Fauzan, A., & Fatkhul Arifin. (2022). ‘Design Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21’, Jakarta: Kencana.

Febriani, D., & Rahmatina, R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2354-2359.

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180-189

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.

Irawati, Ilfa, Mohammad Liwa Ilhamdi, dan Nasruddin Nasruddin. 2021. “Pengaruh GayaBelajar Terhadap Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pijar Mipa 16(1):44– 48.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165-179.

Pratidiana, D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika UNMA Banten. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 11-20

Purwati, P. D., Faiz, A., & Widiyatmoko, A. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi siswa. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1).

Rahayu, R., R. Rosita., Y. S. Rahayuningsih., A.H. Hernawan., & Prihantini. (2022) ‘Implementasi kurikum merdeka belajar di sekolah penggerak’, Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Subagyo, A. (2020). Aplikasi metode riset: praktik penelitian kualitatif, kuantitatif & Mix methods. Inteligensia Media.

Downloads

Published

2024-09-10