PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18152Keywords:
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas III A di SDN Meruya Utara 13 Pagi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian ini menggunakan kelas III A dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas III B dengan jumlah siswa 30 orang jadi total 60 siswa. Dalam hal ini kelas III-A sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa tes dan angket. Adapun hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji paired samples t test memperoleh nilai thitung 14,650 dan ttabel 2.045. Maka thitung 14,650 > 2.045 ttabel. Hal ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III. Adapun hasil angket respon siswa terhadap model pembelajaran NHT memperoleh persentase 63,90%. Sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa kelas III A cukup baik terhadap pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran NHT.Downloads
References
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Oktavianti, U., & Febrianti, N. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Secara Daring Di Madrasah Ibtidaiyah Al Mukhlis Jakarta Barat. Jurnal Persada, 5, 146–153.
Sumarni, S., & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862–2871. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i5.5923
Sinaga, D., & Manurung, A. S. (2024). Penggunaan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas Iii Sdn Kedoya Utara 03. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7, 54–64
Susanto, R., & Rozali, Y. A. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Teori, Konsep, Dan, Konstruk Pengukuran (Y. N. I. Sari, Ed.). Pt Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (E. Sutopo, Ed.; Alfabeta).
Sugiyono. (2022b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.