PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS III

Authors

  • Nurul Amalia Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Esa Unggul
  • Nurul Febrianti Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18152

Keywords:

Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas III A di SDN Meruya Utara 13 Pagi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian ini menggunakan kelas III A dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas III B dengan jumlah siswa 30 orang jadi total 60 siswa. Dalam hal ini kelas III-A sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa tes dan angket. Adapun hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji paired samples t test memperoleh nilai thitung 14,650 dan ttabel 2.045. Maka thitung 14,650 > 2.045 ttabel. Hal ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III. Adapun hasil angket respon siswa terhadap model pembelajaran NHT memperoleh persentase 63,90%. Sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa kelas III A cukup baik terhadap pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran NHT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Oktavianti, U., & Febrianti, N. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Secara Daring Di Madrasah Ibtidaiyah Al Mukhlis Jakarta Barat. Jurnal Persada, 5, 146–153.

Sumarni, S., & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862–2871. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i5.5923

Sinaga, D., & Manurung, A. S. (2024). Penggunaan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas Iii Sdn Kedoya Utara 03. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7, 54–64

Susanto, R., & Rozali, Y. A. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Teori, Konsep, Dan, Konstruk Pengukuran (Y. N. I. Sari, Ed.). Pt Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (E. Sutopo, Ed.; Alfabeta).

Sugiyono. (2022b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-12