ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI KELAS 4 SD NEGERI 27 SINGKAWANG SEMESTER GANJIL 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18127Keywords:
1Pelaksanaan Pendidikan Inklusi, 2Hasil Belajar SiswaAbstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar siswa berkebutuhan khusus di kelas 4 dari hasil belajar nilai semester genap 2023/2024; (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan program pendidikan inklusi di kelas 4 SD Negeri 27 Singkawang. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Subjek pada penelitian adalah kepala sekolah, koordinator pendidikan inkusi, guru kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa inklusi meliputi berbagai faktor seperti dukungan, kebutuhan khusus anak, metode pengajaran, dan lingkungan belajar mereka. (2) Penggunaan kurikulum, disesuaikan kebutuhan dan kemampuan anak inklusi; Tenaga pendidik, perlunya gpk; Peserta didik, semua anak yang mempunyai kecakapan dalam belajar; Pendekatan pembelajaran, model yang digunakan; Proses pembelajaran, kegiatan pelaksanaan disesuaikan dengan kebutuhan siswa; Sistem evaluasi, yang feleksibel; Sarana dan prasana, menyesuaikan kebutuhan sekolah; Pembiayaan, seperti memodifikasi kurikulum.Downloads
References
Amka, A. (2020). Manajemen Sarana Sekolah Penyelenggara Inklusif. Sidoarjo: Penerbit Nizamia Learning Center.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Dan Model Pembelajaran. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).
Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung : Refika Aditama.
Kustawan, Dedy. (2014). Pendidikan Inklusif & Upaya Implementasinya. Jakarta: PT.Luxima Metro Media.
Maftuhatin, Lilik. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berklebutuhan Khusus (ABK) Di Kelas Inklusif Di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal Studi Islam. Volume 5. 201-227.
Mudjito, dkk, (2014) Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.
Nemeth, J., & Long, J. G. (2014). Assessing Learning Outcomes in U.S. Planning StudioCourses. Journal of Planning Education and Research.
Putri, Y,. dan Hamdan, S. R. (2021). Sikap Dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138-152.
Rumia Melda Rosmery Simorangkir. (2019). Belantara Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus : Memahami Anak Dengan Ketidakmampuan Belajar Dan Opsi Edukasi-Nya. Jakarta: UKI Press.
Smith, J David. (2014). Inklusi Sekolah Ramah untuk Semua (Mohammad Suarmin. Terjemahan). Bandung: Penerbit Nuansa.
Sulasmono, B. S. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SD Negeri Bendungan. Doctoral dissertation.
Suprayekti. (2004) . Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta: Depdiknas
Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109-120.
Tarmansyah, S. (2014). INKLUSI: Pendidikan Untuk Semua. Jakarta Dep. Pendidik. dan Kebud. RI.
Suyanto & Mudjito. AK. (2014). Masa Depan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.
Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif. Prenada Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.