EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE WORD SQUARE MENGGUNAKAN MEDIA LKPD BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPS TOPIK “SEPERTI APA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DULU” SISWA KELAS IV SDN 92 SINGKAWANG

Authors

  • Tika Kausarina ISBI Singkawang
  • Rosmaiyadi ISBI Singkawang
  • Erdi Guna Utama ISBI Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15619

Keywords:

ability to understand concepts 1, type word square 2, student response 3

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of the word square type learning model using LKPD media assisted by Canva on the ability to understand social studies concepts for class IV students. This research was carried out at SD Negeri 92 Singkawang. The type of research used is quantitative with a pre-experimental one group pretest-posttest design method. The design used is in the form of pretest-posttest. The population used was all fourth grade students at SD Negeri 92 Singkawang with a sampling technique in the form of a saturated sample (total sampling). This research was conducted in one class of 29 people, where the class was a pretest class and also a posttest class). The pretest class is students who are taught conventionally, while the posttest class is students who are taught with a word square type learning model using LKPD media assisted by Canva. The results of the research can be concluded that: (1) There is an increase in the ability to understand social studies concepts for class IV students at SDN 92 Singkawang by implementing the word square type learning model using LKPD media assisted by Canva. The N-Gain result was 0.55 with medium criteria. (2) After implementing the word square type learning model using LKPD media assisted by Canva on the ability to understand social studies concepts for class IV students at SDN 92 Singkawang, students who experienced individual and classical completeness. (3) Student responses show that on average students gave a positive response to learning with the word square type learning model using LKPD media assisted by Canva on the ability to understand concepts in social studies subjects with an overall average of 66.37% with positive criteria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe word square menggunakan media LKPD berbantuan canva terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 92 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode pre eksperimen one group pretest-posttest design. Desain yang digunakan adalah dalam bentuk pretest-posttes. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 92 Singkawang dengan Teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh (total sampling). Penelitian ini dilakukan pada satu kelas yang berjumlah 29 orang yang mana kelas tersebut menjadi kelas pretest dan juga kelas posttest). Kelas pretest merupakan siswa yang diajarkan secara konvensional sedangkan kelas posttest merupakan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe word square menggunakan media LKPD berbantuan canva. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPS siswa kelas IV di SDN 92 Singkawang dengan penerapan model pembelajaran tipe word square menggunakan media LKPD berbantuan canva didapat hasil N-Gain sebesar 0,55 dengan kriteria sedang. (2) Setelah diterapkan model pembelajaran tipe word square menggunakan media LKPD berbantuan canva terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS siswa kelas IV SDN 92 Singkawang siswa yang mengalami ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. (3) Respon siswa menunjukan bahwa rata-rata siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran tipe word square menggunakan media  LKPD berbantuan canva terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS dengan rata-rata keseluruhan sebesar 66,37%  dengan kriteria positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeliawati, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School Education (IJPSE), 17-27.

Alamsyah, S dan Budimanjaya. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Menigkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. JPGSD, 06(12), 2201–2210.

Fatmawantini (2022). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Canva Mata Pelajaran IPS Tema 3 Terhadap Hasil Belajar Kelas IV SDN 42 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi

Garis, P. (2020). Pemanfaatana Aplikasi Canva Sebagai MediaPembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam. Vol 8, No,2. //http:/openjournal.unpam.ac.id.

Hamalik. (2017). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantatif. Bandung: Alfabeta

. (2017). Metode Penelitian Kuantatif. Bandung: Alfabeta

. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, D,.& , Dkk. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 3. Jakarta: Media Persada.

Wulandari dan Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JUMIA), 2(1), 102-118

Zainal, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas III Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Downloads

Published

2024-09-01

Most read articles by the same author(s)