PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI PASURUAN

Authors

  • Achmad Junaedi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ida Rindaningsih

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.17798

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Model Pembelajaran PjBL, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pembelajaran IPAS yaitu ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidupdan benda tak hidup di dunia serta interaksinya dan membahas kehidupan manusia sebagai individu serta makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungan. Salah satu model pembelajaran yang cocok dengan pelajaran IPAS yakni model pembelajaran PjBl, karena Model pembelajaran Pjbl merupakan pembelajaran yang menggunakan proyek dalam kehidupan sehari-hari serta dapatmembentuk motivasi yang tinggi terhadap siswa. Tujuan penelian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PjBL serta dampaknya pada kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpilan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi serta observasi.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBl pada kurikulum merdeka terdapat enam langkah: menentukan pertanyaan, membuat desain proyek, menyusun penjadwalan, memonitor kemajuan proyek, penilaian hasil, dan evaluasi. Adapun dampak positifnya dapat menumbuhkan minat belajar yang lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi Rizka, Firosalia Kristin, I. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 SD. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4), 9–15.

Alfiriani, A., Rini, F., Darman, R. A., & Rindaningsih, I. (2023). A Meta-Analysis of Online Learning Practices Emerged During The Covid 19 Pandemic. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 13(1), 61–70. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v13i1.1621

Andika, S. D., & Anwar, K. (2023). Penerapan “Pjbl Mesir” Untuk Meningkatkan Kemampuan Ipas Dan Kerja Sama Peserta Didik. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 149–162. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i2.296

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12308

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226

Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857

Dian Ma, M., Guru Sekolah Dasar, P., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2024). Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 312–324. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan

Dinda Sartika, A., Ayu Cindika, P., Salsa Bella, B., Indah Anggraini, L., Wulandari, P., Indayana, E., Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., Tarbiyah dan Tadris, F., & Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipas Sd/Mi. Publisher: Yayasan Khairul Azzam Bengkulu Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 3(2), 3–5.

Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Hutapea, J., & Simanjuntak, M. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Inpafi (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(1), 183–193. https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6597

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Azizah, A., & Fazriyah, A. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Di Kelas IV SD Kabupaten Purwakarta. Journal Of Social Science Research, 3, 1658–1667. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Mamuaya, Nova Ch., B. I. M. (2023). “Бсп За България” Е Под Номер 1 В Бюлетината За Вота, Герб - С Номер 2, Пп-Дб - С Номер 12. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Mangangantung, J., Pantudai, F., & Rawis, J. A. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1163–1173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4962

Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Conference of Elementary Studies, 195–203.

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(1), 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424

Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201

Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271

Sagala, Y. D. A., Simajuntak, M. P., Bukit, N., & Motlan. (2020). Implementation of Project-Based Learning (PjBL) in Collaboration Skills and Communication Skills of Students. 384(Aisteel), 608–612. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.138

Sofyan Iskandar, Primanita Sholihah Rosmana, G. F., Mayanti, I., & Muslimah Apriliya, dan T. S. G. (2023). 2322-2336. Journal Of Social Science Research, 3(2), 2325.

Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291

Tanango, S. M., Kudrat, M., & Husain, R. I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Kurikulum Merdeka Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8907–8919.

Downloads

Published

2024-09-30