UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS VI SDN KANDANGAN II/620 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17623Keywords:
Hasil Belajar, Alat Peraga, Pembelajaran IPASAbstract
Observasi yang dilakukan di kelas VI SDN Kandangan II Surabaya peserta didik memiliki pemahaman yang kurang dalam materi pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik menurun. Hasil belajar peserta didik yang menurun disebabkan karena: (1) kurangnya pemahaman peserta didik, (2) kurangnya media pembelajaran yang mendukung pemahaman peserta didik. Sehingga pada penelitian ini peneliti ingin menganalisis peningkatan hasil belajat peserta didik kelas VI pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar dan mata pelajaran IPAS materi sistem gerak manusia. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah: untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI pada pelajaran IPAS dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik dibuktikan dengan hasil ketuntasn belajar peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang mendapatkan nilai 75 terdapat 7 peserta didik (27%), untuk peserta didik yang mendapatkan nilai 75 terdapat 19 peserta didik (73%). Pada siklus II peserta didik yang mendapatkan nilai 75 terdapat 17 peserta didik (65%), peserta didik yang mendapatkan nilai 75 terdapat 9 peserta didik (35%).Downloads
References
Ananda, Rusydi, and Fitri Hayati. 2020. Variabel Belajar: Kompilasi Konsep.
Cicilia Retnaningsih. 2023. “PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 6 BUNTOK.” Jurnal Saintifik (Multi Science Journal) 21(1):17–24. doi: 10.58222/js.v21i1.122.
Inggit Dyaning Wijayanti, Anita Ekantini. 2023. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08:13.
Kristanto, Andi. 2016. “Media Pembelajaran.” Bintang Sutabaya 1–129.
Nurfadhillah, Septy, Aprilia Setyorini, Iwit Januri Armianti, Luthfiah Nur Fadilla, Robiatul Adawiyah, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. “PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA PADA MATA.” 3:176–86.
Rusman, Asrori dan. 2020. Classroom Action Research. Banyumas. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Suhelayanti, Syamsiah Z, and Ima Rahmawati. 2023. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).
Yendri Wirda, Ikhya Ulumudin, Ferdi Widiputera, Nur Listiawati, Sisca Fujianita. 2020. FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Senayan, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.