UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA SAKULA (SAKU KANTONG BILANGAN) PADA MATERI BILANGAN CACAH KELAS IV DI SDN KANDANGAN II/620 SURABAYA

Authors

  • Septya Khusnia Putri PPG Prajabatan Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto PPG Prajabatan Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Lailatul Fitriyah PPG Prajabatan Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Hartatik PPG Prajabatan Universitas Negeri Surabaya
  • Hima Kurniawan Arip Priyanto PPG Prajabatan Universitas Negeri Surabaya
  • Fitria Hidayati SDN Kandangan II Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17611

Keywords:

Media, Hasil Belajar, Bilangan Cacah

Abstract

Hasil belajar merupakan salah komponen terpenting dalam mengukur keberhasilan siswa. Seseorang akan mendapatkan hasil belajar yang diinginkan dalam belajar apabila dalam dirinya terdapat keinginan untuk belajar. Hasil belajar ini menjadi fungsi utama dalam proses pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman materi yang telah dipelajari. Salah satu hasil belajar yang sulit untuk ditingkatkan adalah pada mata Pelajaran matematika mengenai bilangan cacah. Agar pembelajaran matematika lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan, maka dapat dilakukan melalui penggunaan media pembelajaran saku kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kandangan II Surabaya dengan alasan masih banyak ditemukan siswa yang belum bisa mengenal nilai tempat pada suatu bilangan. Pembelajaran matematika hanya monoton menggunakan contoh soal dipapan tulis tetapi tidak menggunakan media sebagai penyalur materi yang telah akan dipelajari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C SDN Kandangan II Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil pretest dan postest dan pelaksanaannya menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) media pembelajaran saku kantong bilangan pada siklus I meningkat sebesar 67% (kategori cukup), (2) pada siklus II meningkat menjadi 90% (kategori sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran saku kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C SDN Kandangan II Surabaya pada materi bilangan cacah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, Rusman. 2020. Classrom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. CV. Pena P. Penerbit CV. Pena Persada.

Febrianto Hidayat, Aji Pangestu, Yulina Fadilah, and Nur Khosiah. 2024. “Efektivitas Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Siswa Kelas Ii Mi Bustanul Ulum Tempuran Dalam Mengenal Materi Nilai Tempat.” AL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5(1):53–61. doi: 10.46773/ibtidaiyah.v5i1.1029.

Kristanto Andi. 2016. Media Pembelajaran. vi. edited by -. Penerbit Bintang Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya.

Mbagho, Hilaria Melania, and Stefanus Notan Tupen. 2020. “Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan.” Jurnal Basicedu 5(1):121–32. doi: 10.31004/basicedu.v5i1.632.

Muhammad, Hasan. 2021. Media Pembelajaran. edited by F. Sukmawati. Tahta Media Group: CV Tahta Media Group.

Rahim Arif, Masni Harbeng, Afrilia Diiza. 2021. Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. IKAPI Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Rahman, Sunarti. 2021. “PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJA.” PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR 289–302.

Rubiyatin, Umi Fathonah. 2023. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Rekaman Suara.” JIPSINDO (Jurnal Pendididkan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 10(01):88–99.

Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Downloads

Published

2024-10-02

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>