PERAN GURU DALAM PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI IMTAQ PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17573Keywords:
Peran guru, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum MerdekaAbstract
Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan untuk mendorong peserta didik menjadi pelajar yang berkarakter serta berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila, sehingga peran guru sangat berpengaruh untuk mengakomodasi peserta didiknya dalam proses pembelajaran serta melakukan kegiataan pembisaan yang berfokus pada dimensi Imtaq. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran guru dalam menerapkan dimensi imtaq serta menganalisis factor pendukung dan penghambat dalam implementasi dimensi imtaq tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menerapkan dimensi imtaq yakni sebagai pengajar, pembimbing, tauladan, fasilitator dan sebagai motivator. Adapun faktor pendukung dari implementasi profil pelajar Pancasila adalah adanya dukungan serta kolaborasi internal dan eksternal, yakni seluruh warga sekolah dan seluruh stakeholder. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kurangnya pemahaman guru terkait IKM, SDM guru, dan kurangnya motivasi siswa serta infrastruktur sekolah.Downloads
References
Agustianti, R., Nussifera, L., Wahyudi, Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A. ni, Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. In Tohar Media (Issue Mi).
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.
Aritonang, E. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran Daring. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 76–80. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.2985
Cahya Rohim, D. (2023). Analisis Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri Kedungwaru Lor Demak. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 102–111. https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3091
Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643
Fathiha, N., & Achadi, M. W. (2023). Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran SKI di MIN 4 Ponorogo. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.89
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2492–2500.
Izzah, L., & Purwaningsih, R. (2017). Peran Guru Dalam Pembiasaan Sholat Berjamaah. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 1. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).1-10
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020, Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, Diakses di link <https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/>.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. 1–23.
Palazzolo, D. J. (2023). Research Methods. Experiencing Citizenship: Concepts and Models for Service-Learning in Political Science, 109–118. https://doi.org/10.4324/9781003444718-9
Pribadi, R. A., Fadilla, N., Putri, A., Ramadhanti, T. P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER. 1(3).
Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, H. H. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.
Rahendra Maya. (2013). Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 03(02), 285.
Redana, D. N., & Suprapta, I. N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sma Negeri 4 Singaraja. Locus, 15(1), 77–87. https://doi.org/10.37637/locus.v15i1.1239
Sekolah, D. I. (2020). Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1), 570–571.
Sirajuddin Saleh. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Yakfi, M. (2018). Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Windujaya Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4073/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.