PERAN GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rosyad Abdul Hakim Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ruli Astuti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17575

Keywords:

peran guru PAI, kurikulum Merdeka,, dimensi imtaq dan gotong royong

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui peran guru pai dalam mengimplementasikan di mensi imtaq dan gotong royong di sekolah dasar serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan di mensi imtaq bergotong royong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan  data di peroleh dari wawancara dan observasi. Peneliti melakukan penelitian di SDN  Kebon Agung 1. Hasil dari penelitian ini adalah  peran guru PAI dalam mengimplementasikan dimensi imtaq dan gotong royong di sekolah dasar adalah sebagai konselor,tauladan,kolaborator dan motivator. Faktor pendukung dari implemetasi profil Pelajar Pancasila meliputi sarana yang memadai, SDM guru, dukungan dari guru kelas dan guru mata pelajaran lainnya. Sedangkan factor penghambatnya adalah sikap siswa dan factor lingkungan yang tidak mendukung

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, A., & Fahmi, Z. (2022). Peran Guru sebagai Motivator dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 11(01), 29–44.

Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990

Aryani, Y. (2024). Peran Guru PAI dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 21 Kepahiang. 2, 233–240.

Asariskiansyah, & Zaka Hadikusuma Ramadan. (2024). Analisis Peran Penting Guru dalam Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar : Studi Kasus di SD Negeri 17 Pekanbaru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1425–1434. https://doi.org/10.58230/27454312.604

Asriyanto, M., Janah, F., & Setiawan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai Toleransi pada Peserta Didik di SMP Negeri 38 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu …, 4, 31–44. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/6565

Atin Sri Handayani, Kantri Nurlisa, & Mustafiyanti Mustafiyanti. (2023). Efektivitas dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 319–330. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.766

Aulia, N. I. P., & Araniri, N. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Al-Mau’izhoh, 3(1), 9. https://doi.org/10.31949/am.v3i1.3194

Dalena, R., Monika, F., Manurung, B., Tafonao, T., Tinggi, S., & Batam, T. R. (2021). Problem Pembelajaran Online di Masa Pandemi Terhadap Psikologi Anak Usia 10-12 Tahun. Available Online At, 1(1), 20–28. https://ejournal.staknkupang.ac.id/ojs/index.php/teuo

Erlinung, N. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol 2(1), 417–426. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduana: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 75–86. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna%0APERAN

Kemendikbud. (2016). Rencana Strategis Kemendikbud 2020-2024. 1–23.

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 88–102. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.191

Mubarak Ahmad, Muhammad Azhar Nawawi, Ahmad Ruslan, & Gery Erlangga. (2022). Edukasi Terhadap Orang Tua dalam Mendampingi Anak Memasuki Sekolah Dasar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1353–1358. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11242

Nurfitriani, O., Aziz, , Noor, & Amin Nugroho, M. Y. (2023). Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Di Mts Al Ishlah Pageruyung Kabupaten Kendal. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 3(1), 1–5. https://doi.org/10.32699/alphateach.v3i1.4530

Palazzolo, D. J. (2023). Research Methods. Experiencing Citizenship: Concepts and Models for Service-Learning in Political Science, 109–118. https://doi.org/10.4324/9781003444718-9

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Syofyan. Harlinda; Ratnawati.Susanto; Ritta.Setiyati; Vebryanti. (2020). PKM Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa. Ikraith-Abdimas, 3(3), 26–33. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/759

Downloads

Published

2024-09-30