PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17473Keywords:
Problem Based Learning, Motivasi Belajar, KahootAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk menaikkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matemattika dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu aplikasi Kahoot. Riset ini memakai metode penelitian tindakan kelas yang termuat dari dua alur, dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM 1 SMAN 4 Medan tahun pelajaran 2023/2024. Pengumpulan data didapat melalui observasi oleh rekan sesama pendidik, data respon anak ajar terhadap aktivitas pembelajaran melalui angket respon anak ajar, dan ketuntasan hasil belajar anak ajar yang didapat melalui tes yang dijalankan diakhir setiap alur. Hasil Penelitian pada siklus I, menyiratkan bahwa motivasi belajar peserta didik sudah mulai meningkat ditatap dari respon peserta didik terhadap aktivitas pembelajaran, tetapi ketuntasan hasil belajarpeserta didik belum mencapai kategori belum berhasil. Pada siklus II, respon peserta didik terhadap pembelajaran meningkat, dan ketuntasan hasil belajar siswa sudah mencapai kategori berhasil.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.