IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN GAYA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI SMK NEGERI 4 MEDAN

Authors

  • Elisabet Simamora Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Indra Prasetia PPG Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Siti Aminah Manurung SMK Negeri 4 Medan

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar, Keaktifan Siswa

Abstract

Saat ini, kurikulum di sekolah masih belum sepenuhnya fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Terdapat berbagai jenis siswa di sekolah, atau di kelas, dengan minat, bakat, dan gaya belajar yang berbeda. Keberhasilan proses pembelajaran ditandai apabila siswa berpartisipasi aktif. Namun, berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti melalui pengamatan langsung di kelas X TKR 3 di SMK Negeri 4 Medan dan wawancara dengan guru pamong, peneliti menemukan bahwa sedikit banyak dari siswa di kelas X TKR 3 cenderung pasif selama pembelajaran. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang disajikan masih konvensional. Siswa hanya mendengarkan atau menerima materi secara langsung tanpa ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran. Seringkali hal demikian juga membuat siswa merasa kurang antusias atau bosan sehingga mengakibatkan siswa tidak memperhatikan materi pembelajaran yang disampikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar yang dimiliki siswa di SMK Negeri 4 Medan. Pada penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, terdiri dari dua siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas X TKR 3 berjumlah 26 siswa. Teknik dan instrumen berupa pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Peningkatan keefektifan siswa di setiap siklusnya dilihat berdasarkan hasil penelitiannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemdikbud, 2021. Panduan Pembelajaran dan Asesmen : Jakarta.

Waryani. (2021). Dinamika Kinerja Guru Dan Gaya Belajar Konsep dan Implementasi Terhadap Prestasi Belajar. Inramayu : Penerbit Adab.

Jurnal :

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Haryanto. (2012). Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar. Artikel. Diambil tanggal 3 Agustus 2024, di http://belajarpsikologi.com.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan , Volume 1 N (September 2021), 1–12.

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Lauermann, F. (2021). Linking teacher self-efficacy and responsibility with teachers’ self-reported and student-reported motivating styles and student engagement. Learning and Instruction, 76. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101441.

Prasetyo, G. B., & Basuki, B. (2022). Optimalisasi pembelajaran senam melalui project based learning selama tatap muka terbatas. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 11(2), 331–339. https://doi.org/10.36706/altius.v11i2.18233.

Sholikha, S. N., & Fitrayati, D. (2021). Integrasi Keterampilan 4c Dalam Buku Teks Ekonomi Sma/Ma. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2402–2418.

Sukendra, I. K. (2023). 2 , 1,2. 24(1), 55–63. https://doi.org/10.5281/zenodo.7813406.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad 21: Kompetensi Yang Diperlukan Dalam Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 144-159.

Downloads

Published

2024-09-30