PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17397Keywords:
Media audio visual powtoon, Kemampuan pemecahan masalah, Self-efficacy, Siswa SMP.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual Powtoon Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self-Efficacy Pada Siswa SMP ( Studi Pada Materi Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekperimen metode Pre-Experimental design dengan one group pretest-posttest design. Teknik analisis yang digunakan adalah kuantitatif. Data dianalis dengan statistik Deskriptif & Inferensial dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self-Efficacy Pada siswa melalui analisis statistic deskriptif sebelum menggunakan media Audio Visual Powtoon nilai hasil pretest yaitu 61,49 dan nilai hasil posttest yaitu 88,15 Hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa angket model pembelajaran dan kreativitas belajar berpengaruh dan dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga penggunaan media pembelajaran Audio Visual Powtoon berpengaruh positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self-Efficacy peserta didik SMP Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa.Downloads
References
Abdullah. (2019). Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori Dan Aplikasinya"
Kustandi, Cecep & Darmawan Daddi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran (Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat). Jakarta : Kencana
Mu’minah, Halimatul Lim; Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Arts And Matematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Education, 5(1), 65
Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Soal Cerita Matematika Pada Materi Peluang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 671
Siti Isnaini, 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Bumiharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Hlm 8-11.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.