PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA SISWA SMP

Authors

  • Sulfiani Sulfiani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irmawati Thahir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aco Karumpa Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17397

Keywords:

Media audio visual powtoon, Kemampuan pemecahan masalah, Self-efficacy, Siswa SMP.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual Powtoon Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self-Efficacy Pada Siswa SMP ( Studi Pada Materi Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekperimen metode Pre-Experimental design dengan one group pretest-posttest design. Teknik analisis yang digunakan adalah kuantitatif. Data dianalis dengan statistik Deskriptif & Inferensial dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self-Efficacy Pada siswa melalui analisis statistic deskriptif sebelum menggunakan media Audio Visual Powtoon  nilai hasil pretest yaitu 61,49 dan nilai hasil posttest yaitu 88,15 Hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa angket model pembelajaran dan kreativitas belajar berpengaruh dan dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga penggunaan media pembelajaran Audio Visual Powtoon berpengaruh positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self-Efficacy peserta didik SMP Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. (2019). Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori Dan Aplikasinya"

Kustandi, Cecep & Darmawan Daddi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran (Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat). Jakarta : Kencana

Mu’minah, Halimatul Lim; Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Arts And Matematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Education, 5(1), 65

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Soal Cerita Matematika Pada Materi Peluang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 671

Siti Isnaini, 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Bumiharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Hlm 8-11.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-16