EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DEMABIL (DERETAN MANGKOK BILANGAN) BERBASIS LOCAL WISDOM TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 2 PAYUNGSARI

Authors

  • Novitasari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Agus Saeful Anwar PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17259

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa pembelajaran matematika masih monoton dan kurang bervariasi. Guru hanya menggunakan LKS dan menyampaikan materi dengan metode ceramah, tidak terdapat media pembelajaran yang mendukung, sehingga siswa sulit memahami materi yang disampaikan. Pembejaran di sekolah menjadi tidak efektif, fokus siswa berkurang, dan pada akhirnya siswa menganggap pembelajaran matematika sulit dan membosankan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengajaran yang inovatif dan menarik agar siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran DEMABIL berbasis local wisdom terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 2 Payungsari. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimen One-Group Pre-test Post-test Design. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampel jenuh berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pemahaman siswa setelah penerapan media DEMABIL lebih tinggi sebesar 81,19 dibandingkan rata-rata nilai sebelum penerapan media yaitu 20,00. Dan hasil uji paired sample test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan rata-rata nilai pemahaman siswa sebelum dan setelah penerapan media DEMABIL. Hasil uji N-Gain diperoleh besaran rata-rata N-Gain skor 0,7685 > 0,7 menunjukkan adanya peningkatan efektivitas yang termasuk pada kategori “tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran DEMABIL efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi KPK dan FPB di kelas IV SDN 2 Payungsari. Kata Kunci: Media pembelajaran, Pemahaman konsep, Pembelajaran matematika di Sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Fitrianingsih (2021). Pengembangan Media Dakonmatika pada Materi KPK dan FPB untuk Siswa Kelas IV SDN 31 Dompu". Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram

Rokhmawati, L. N., & Diar, V, R. (2023). Mengoptimalkan Pemahaman KOnsep Matematis Berbantuan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra pada Materi Jarak dalam Ruang. Journal of Authentic Reaserch on Mathematics Education, 5(1), 66–76

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta cv.

Yani, V, P., Yulia., & Lita. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP". Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3):439-448.

Wulandari, A. (2020). Landasan Teori.

Downloads

Published

2024-09-21