PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Indri Faizal Rohman Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Agus Saeful Anwar Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Leni Nur'aeni Universitas Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19104

Keywords:

Berpikir kritis, media wordwall, matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya minat belajar siswa terutama pada pelajaran matematika, dan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran Matematika dan mengetahui pengaruh penggunaan media wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperiment one grup pretest posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 31 siswa kelas V SDN 4 Jalaksana. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan tes. Hasil dari penelitian dengan menggunakan uji normalitas yang didapatkan nilai sig > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal sehingga dilakukan uji paired sampel test dengan mendapatkan nilai sig 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa HI diterima, artinya penggunaan media wordwall berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di SD Negeri 4 Jalaksana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.

Fidayanti, M., Shodiqin, A., & YP, S. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 3(No. 1), Page 88-96.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Hubungan antara Berpikir Kritis dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 1–10.

Mardiyah, R. H., Aldriyani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Rafianti, I., Anriani, N., & Iskandar, K. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dalam Mendukung Kemampuan Abad 21. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 123–138. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp123-138

Sadiyah, S., Maspupah, M., & Yuliawati, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa menggunakan Model Pembelajaran Game-Based Learning (GBL) Berrbantu Wordwall pada Materi Ekosistem. Bioedutech: Jurnal Biologi, 2(1), 130–140.

Sugiyono. (2022). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.

WIWIN, O. (2021). … Media Pembelajaran Ular Tangga Sains Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Kelas Iii Sd ….

Downloads

Published

2024-12-28