ANALSIS PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 1 MANDIRAJA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17124Keywords:
Independent Curriculum, Implementation, Teacher's RoleAbstract
Abstrack The independent curriculum is a new curriculum which not all schools have implemented yet. The implementation of the independent curriculum makes teachers experience difficulties in implementing it. The aim of this research is to describe the implementation of the independent curriculum at SMPN 1 Mandiraja, and to describe the role of Buddhist education teachers in implementing the independent curriculum at SMPN 1 Mandiraja, Banjarnegara district. This research is research using qualitative research with a case study approach. Data collection uses observation, interviews and documentation. Informants in this research include; principal, representative for Curriculum, Buddhist Education Teacher and Buddhist Students. The results of the research show that the implementation of the independent curriculum at SMPN 1 Mandiraja has been carried out for the last 2 years and has been implemented at grade 7 & 8. The role of Buddhist education teachers in implementing the independent curriculum at SMPN 1 Mandiraja has used the independent curriculum in the classroom learning process and can identify student potential, design personalized learning, develop active learning, encourage creativity and innovation, strengthen character and ethics, develop student independence. Keywords: Independent Curriculum, Implementation, Teacher's Role ABSTRAK kurikulum merdeka adalah kurikulum baru yang dalam pengimplementasiannya belum semua sekolah mengimplementasikannya. Implementasi kurikulum merdeka menjadikan guru mengalami kesulitan dalam penerapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di SMPN 1 Mandiraja, dan menguraikan peran guru pendidikan agama Buddha dalam implementasi kurikulum merdeka di SMPN 1 Mandiraja kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi; kepala sekolah, wakil bidang Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Buddha dan Siswa beragama buddha Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi kurikulum merdeka di SMPN 1 Mandiraja sudah dijalankan selama 2 tahun terakhir dan sudah diterapkan pada jenjang kelas 7&8. Peran guru pendidikan agama Buddha dalam implementasi kurikulum merdeka di SMPN 1 Mandiraja sudah menggunakan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran dikelas serta dapat mengidentifikai potensi siswa, merancang pembelajaran terpersonalisasi, mengembangkan pembelajaran aktif, mendorong kreativitas dan inovasi, memperkuat karakter dan etika, mengembangkan pembelajaran aktif, mendorong kreativitas dan inovasi, memperkuat karakter dan etika, mengembangkan siswa. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Implementasi, Peran GuruDownloads
References
Abdullah, S. (2016). Membangun Kualitas Pendidikan Bermutu Pada Aspek Kompetensi Paedagogik Dan Kompetensi Kepribadian Bagi Seorang Calon Guru. Edukasi, 14(2), 581–590. https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i2.204
Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529
Anwar, B. (2019). Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Shaut Al Arabiyyah, 6(2), 114. https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129
Apriatni, S., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi di MAN 2 Kota Serang). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 435–446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1399
Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). Analisis Kesiapan Guru SMP di Demak Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 2683–2692. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Manik, H., C B Sihite, A., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048
Mufidah, luluk indarinul. (2019). Tantangan Profesionalisme Guru pada Era Globalisasi. Journal Lentera. Kajian Kegamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 8(2), 174–186.
Rahardjo, M. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG PROGRAM PASCASARJANA, 1(1), 1–8.
Rawis, J. A. ., Lengkong, J. S. ., Hayun, S., Rompis, N., Omkarsba, H., & Takalumang, L. (2023). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sd Negeri Unggulan I Kabupaten Pulau Morotai. 9(23), 993–1000.
Sugiyono. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Sofia Yustiani Suryandari (ed.); 3rd ed.). CV ALFABETA.
Sumitra, A., Nuraeni, L., & Nafiqoh, H. (2018). Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Terhadap Peningkatan Kompetensi Sosial Pendidik Paud (Studi Deskriptif Pada Pendidik Paud Di Kota Cimahi). P2M STKIP Siliwangi, 5(1), 11. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i1p11-20.785
Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.