PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS PROSEDUR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD AL FIRDAUS

Authors

  • Siti Nur Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Siti Komariyah SD Al Firdaus
  • Agus Susilo Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17112

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Bahasa Indonesia

Abstract

Materi teks prosedur merupakan materi yang penting untuk dipelajari oleh peserta didik kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks prosedur melalui model problem based learning pada siswa kelas IV SD Al Firdaus. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Al Firdaus yang berjumlah 16 peserta didik. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 1 pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar yang memuaskan selama 2 siklus perbaikan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.

Amir, T. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Hariyanti, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Kelas X Dpib 1 Di Smk Negeri 2 Ciamis. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1).

Haryanti, Y. D., & Febriyanto, B. (2017). Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826.

Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan hasil belajar Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467.

Maknun, L., & Kamila, H. (2022). Model pembelajaran dalam rangka menghadapi pembelajaran tatap muka di era new normal pada tingkat sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1).

Muarifa, A., Winarti, E., & Nurhidayati, H. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Ajakan Melalui Model Pembelajaran PBL dengan Kombinasi Penugasan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3), 378-391.

Munawaroh, S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Kelas 1 Semester 1 SD Negeri Pledokan Tahun 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 28-37.

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 sd melalui model pembelajaran problem based learning. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120-125.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan model problem based learning untuk menumbuhkembangkan higher order thinking skill siswa sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 62-71.

Sakerebau, J. (2018). Memahami peran psikologi pendidikan bagi pembelajaran. BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96-111.

Setyaningsih, Z. T. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2022/2023.

Suastika, N. S. (2018). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57-64.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2018). Efektifitas penggunaan metode pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275-282.

Sukaptiyah, S. (2015). Peningkatan hasil belajar PKN melalui model problem based learning pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 114-121.

Tombokan, S. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 140-146.

Wayuningati, N. R. (2017). Penerapan Problem Based Learning dan Media Flipcart Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 184-188.

Downloads

Published

2024-10-20