PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN PALEBON 03 SEMARANG

Authors

  • Hesty Wahyuni Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Dina Prasetyowati Universitas PGRI Semarang
  • Ika Puspita Agustiani SDN Palebon 03 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17026

Keywords:

Kata Kunci: Problem Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Palebon 03 Semarang. Kajian ini dilatarbelakangi oleh buruknya prestasi akademik siswa kelas IV SDN Palebon 03 Semarang. Kajian ini memiliki tujuan dalam kemajuan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kajian ini ialah kajian tindakan kelas yang dijalankan pada dua siklus. Tiap siklus termuat dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, serta refleksi. Subyek kajian ini ialah siswa kelas IV SDN Palebon 03 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data pada kajian ini dijalankan dengan memakai lembar penilaian. Data dikumpulkan dianalisis memakai metode analisis statistik deskriptif serta metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil kajian menjelaskan yakni pembelajaran IPAS dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall mampu memajukan hasil  belajar siswa kelas  IV SDN Palebon 03 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa sekitar 73 dan mengalami kemajuan menjadi 91 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3, 15–22.

Diana, F. S., & Hisar, M. M. (2021). The Effect of Problem-Based Learning Model during Pandemic On the Thematic Learning Outcomes of Students in Elementary School. Jurnal Basicedu, 5, 2156–2163.

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Kiprah Pendidikan, 143.

Khairunnisa. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Peserta Didik Kelas IV SDN Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2, 353–361.

Kusumah, W., & Dedi. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.

Mulyani, I. (2019). Penerapan Model Belajar Ctl Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Ipa Di Sdn Cijangkar 2. Perseda, 33.

Nadia, A. I., dkk. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12, 33–43.

Owen, C. (2019). Problem-Based Learning. Learning and Teaching in Higher Education: Perspectives from a Business School, 139–151. https://doi.org/10.4337/9781788975087.00027

Parni. (2020). Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Kajian Pebatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 101.

Rosdiani, L., Munawar, B., & Dew, R. (2021). Pelatihan Membuat Game Edukasi Wordwall Untuk Guru Di Kelurahan Karaton. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2, 247–255.

Suharyati. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Metode Demonstrasi Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Kelayu Jorong Semester 1 Tahun 2021/2022. . . Ilmiah Rinjani, 100.

Sukerni, P. (2020). Penerapan Model Ppembelajaran Make-a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema Pengalamanku. Journal of Education Action Research, 4, 1.

Sumarni, S. (2021). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyesuaian Diri Dengan Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 5, 39–44.

Downloads

Published

2024-10-01