PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULTAMAR (ULAR TANGGA MATEMATIKA REOG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN KELAS

Authors

  • Osela Dewi Hapsari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Dani Kusuma Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16205

Keywords:

Pengurangan dan Penjumlahan, Motivasi dan Hasil Belajar, Media Ular Tangga Matematika Reog

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar dengan media pembelajaran matematika reog (Ultamar) dalam materi pengurangan dan penjumlahan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development atau R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas II SD Negeri Blotongan 02 sebanyak 19 orang. Pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) media ular tangga matematika reog (Ultamar) dinyatakan valid oleh validator ahli dengan perolehan persentase 91,6% dengan kategori “Sangat Baik” dari validator ahli media dan hasil persentase 95% dengan kategori “Sangat Baik” dari validator ahli materi, dan uji reliabilitas serta uji validitas. Media ular tangga matematika reog (Ultamar) layak digunakan dalam pembelajaran setelah dilakukan revisi. (2) Media ular tangga matematika reog (Ultamar) dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi pengurangan dan penjumlahan kelas II SD, karena telah memenuhi empat analisis yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji N-Gain. (3) Media ular tangga matematika reog dinyatakan praktis digunakan dengan hasil persentase 95% dari respon guru dengan kategori “Sangat Praktis” dan hasil persentase 90% dari respon peserta didik dengan kategori “Sangat Praktis” pada kriteria penilaian kepraktisan. (4) Media ular tangga matematika reog (Ultamar) dinyatakan bahwa  motivasi berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardi, S. D. K., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1).

Chabib, M., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas pengembangan media permainan ular tangga sebagai sarana belajar tematik SD (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Lase, W. N., Zalukhu, A., Zalukhu, S. R., & Harefa, N. A. J. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal on Education, 6(1), 4301-4308.

Marâ, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Journal on Teacher Education, 4(1), 54-61.

Pratiwi, A. S., & Hardini, A. T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5682-5689.

Rizqo, N., Mansur, H., & Mastur, M. (2020). Pengembangan media ular tangga matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 2 sekolah dasar. J-INSTECH, 1(1), 36-43.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.

Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509-516

Downloads

Published

2024-09-23