EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP LITERASI SAINS KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19552Keywords:
Model Problem Based Learning, Media Magic Box, Kemampuan Literasi SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari pembelajaran pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Magic Box terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang terdapat pada SD Kristen Debora sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 1 Semarang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes kemampuan literasi sains yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan media Magic Box memiliki kualitas yang baik. Analisis data menggunakan uji proporsi menunjukan ketuntasan peserta didik dengan kriteria minimum 75 >70% ketuntasan klasikal dilihat dari = 2,92 > = 1,65. Model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Magic Box berpengaruh tinggi pada literasi sains peserta didik. Proporsi ketuntasan pada kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol dengan = 0,25. Analisis pengaruh yang digunakan juga menunjukan rata-rata pretest dan posttest menunjukan kenaikan dengan gain 0,75 > 0,7 kategori tinggi.Downloads
References
Arda, Arda, Sahrul Saehana, and Darsikin Darsikin. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII.” Mitra Sains 3(1):69–77.
Faisal, Muh, Abdul Muhsin, and Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (2022). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Inpres 5/81 Latonro.” Pinisi Journal PGSD 2798–9097.
Gultepe, Nejla, and Ziya Kilic. (2015). “Effect of Scientific Argumentation on the Development of Scientific Process Skills in the Context of Teaching Chemistry.” International Journal of Environmental and Science Education 10(1):111–32.
Hartati, Fahruddin, and Nikman Azmin. (2021). “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP) 5(4):1770–75.
Hidayati, Nur Alfin. (2021). “Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Keterampilan Berbicara.” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 5(1):322–35.
Narut, Yosef Firman, and Kanisius Supardi. (2013). “Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Di Indonesia 1 1,2.” 61–69.
Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, and Meidawati Suswandari. (2020). “Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV [Study of the Effect of Online Learning on Grade IV Maths Learning Outcomes].” Jurnal Inovasi Penelitian [Journal of Research Innovation] 1(3):265–76.
Pratiwi, Eka Titik, and Eunice Widyanti Setyaningtyas. (2020). “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Project Based Learning.” Jurnal Basicedu 4(2):379–88.
Rahayu, Restu, Sofyan Iskandar, and Yunus Abidin. (2022). “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” Jurnal Basicedu 6(2):2099–2104.
Saleh, Meylan, Evi Hasim, and Mardiah Bin Smith. (2024). “Penerapan Model Pembelajaran Mordiscvein Berbantuan Magic Box Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar Kota Gorontalo.” MJP Journal of Education and Teaching Learning 2(2):77–84.
Tamam, Abdulloh, and Heru Subrata. (2022). “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar: Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(4):3035–40.
Wulandari, Zeni. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Magic Box.”
Yuliati, Yuyu. (2017). “Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa.” Jurnal Cakrawala Pendas 3(2):21–28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.