PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPIN KERDAYA (PAPAN PINTAR KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA) PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Annisaa Anggun Islamiyah PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16100

Keywords:

papin kerdaya, IPAS, keaktifan peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papin kerdaya serta menilai kelayakan dan efektivitasnya dalam meningkatkan keaktifan peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan tiga tahapan, yaitu pendahuluan, pengembangan produk, dan pengujian. Data dikumpulkan menggunakan observasi, lembar validasi ahli, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi ahli media mencapai 93% dengan kriteria sangat layak, sedangkan nilai validasi ahli materi mencapai 90% dengan kriteria sangat layak juga. Analisis keaktifan peserta didik dari pra siklus dan siklus 1 menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sebelum penggunaan media papin kerdaya, hanya 2 peserta didik (7%) yang berada dalam kategori sangat tinggi. Setelah implementasi media papin kerdaya, jumlah peserta didik dalam kategori ini meningkat menjadi 8 peserta didik (30%). Berdasarkan hasil tersebut, media papin kerdaya layak digunakan dan mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryaningrum, K., & Hetilaniar, M. P. (2024). Pengembangan Media PAPIN (Papan Pintar) Kegimi (Kegiatan Ekonomi) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 SD Negeri 142 Palembang. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1182–1195.

Fais, M. Z., Listyarini, I., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26–30. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097

Kamaladini, K., Abd Gani, A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 1, 93–100. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/5693

Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187. https://pdfs.semanticscholar.org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.pdf

Pardjono, P., Sugiyono, S., & Budiyono, A. (2015). Developing a model of competency and expertise certification tests for vocational high school students. REiD (Research and Evaluation in Education), 1(2), 129–145.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Sabtika, Z. A. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PERMAINAN MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV. BASIC EDUCATION, 8(3), 220–230.

Sari, N. (2018). Pengembangan Media Komik IPA Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Peserta Didik SMP. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 5–10.

Sholeh, A., Cacik, S., Sari, M. P., & Diputra, G. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA (PAKAPIN) PAPAN KANTONG PINTAR BERBASIS LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Elementary School Journal, 1(1), 23–32.

Wilujeng, R. S. A., Nugroho, A. S., & Umam, N. K. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN P3 (PAPAN PUTAR PINTAR) PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN UNGGULAN KARANGGENENG. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 169–177. https://doi.org/https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.924

Downloads

Published

2024-07-11